Alasan Aji Santoso Masukkan Toni Firmansyah di Menit 65

Alasan Aji Santoso Masukkan Toni Firmansyah di Menit 65

Toni Firmansyah membawa Persebaya menang 2-3 atas tuan rumah Persis Solo di Laga Perdana BRI Liga 1, 1 Juli 2023.-Layar tangkap Indosiar-

SOLO, HARIAN DISWAY - Pelatih Persebaya Aji Santoso membuat keputusan berani saat memasukkan Toni Firmansyah di laga perdana BRI Liga 1 melawan Persis Solo, Sabtu, 1 Juni 2023. Pemain berusia 18 tahun itu dimasukkan di menit 65 untuk menggantikan pemain asal Singapura Song Ui-Young.

Padahal, masih ada sejumlah nama berpengalaman di bangku cadangan Persebaya: Alwi Slamat dan Andre Oktaviansyah. Namun Aji lebih memilih untuk memberikan kesempatan kepada Toni untuk memulai debutnya di tim senior. 

Keputusan untuk menarik Song Ui-Young juga sempat menuai tanda tanya. Sebab, ia baru saja memberikan assist untuk Bruno Moreira saat menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Namun, insting Aji tak salah. Toni mampu membayar kontan kepercayaan yang telah diberikan lewat gol penutup di menit 84.

BACA JUGA:Hasil Pertandingan Persis vs Persebaya: Menang di Laga Perdana, Aji Pecah Telor!

BACA JUGA:Ini Susunan Pemain Persebaya Saat Hadapi Persis Solo di Pekan Pertama Liga 1 2023-2024

"Mungkin orang bertanya-tanya, ini tidak pernah (dimanikan), kok bermain di kompetisi resmi ? Kemarin hanya uji coba. Tetapi gol ketiga, kan karena kontribusi dia!" tegas Aji Santoso. "Sudah terpatahkan lagi bahwa pemain itu harus berpengalaman. Pengalaman itu perlu, tetapi bagi saya, kualitas itu lebih perlu," tambahnya.


Full time: Toni Firmansyah selebrasi menangis kedua kalinya.--instagram @officialpersebaya

Menurutnya, pengalaman hanya masalah waktu. Dan Toni juga memerlukan itu. Toni membutuhkan kepercayaan dan jam terbang agar bisa jadi andalan Persebaya berikutnya. Anda sudah tahu: Persebaya mengarungi musim ini tanpa wonderkid: Marselino Ferdinan. Ia pindah ke Liga 2 Belgia: KMSK Deinze.

Dengan kejeliannya, Aji Santoso dan jajaran tim kepelatihan mampu menjaring talenta-talenta muda dari Surabaya. Selain Toni, ada pula nama Lalu Muhammad dan Rifqi Arya yang tampil solid saat pertandingan pramusim.

Aji pun sudah memberikan warning ke tiga pemain muda itu: Jangan cepat puas! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: