Jamaah Haji Bersiap Lakukan Tawaf Ifadhah

Jamaah Haji Bersiap Lakukan Tawaf Ifadhah

Menurut Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama pada Sabtu dan Minggu mendatang saatnya perbaiki arah kiblat salat bagi umat muslim. -Kemenag-

HARIAN DISWAY - Seiring berakhirnya fase Mina, jamaah haji bersiap untuk melakukan tawaf ifadhah dan sa'i di Masjidil Haram. 

Jubir PPIH Pusat Achmad Fauzin mengungkapkan bahwa saat ini para petugas di hotel sudah bersiap menyambut jemaah. 

Petugas haji di sektor khusus Masjidil Haram juga sudah berada di posnya masing-masing untuk menyambut jemaah yang akan menjalankan tawaf ifadah dan sa’i

BACA JUGA:Pemulangan Jamaah Haji Ke Tanah Air Mulai Tanggal 4 Juli 2023

“PPIH mengimbau jemaah agar memanfaatkan waktu istirahat di hotel untuk memulihkan stamina tubuh sebelum menjalani tawaf ifadah dan sa’i. Stamina prima jemaah sangat dibutuhkan untuk melakukan kedua ibadah tersebut,” kata Fauzin, Sabtu, 1 Juli 2023. 

Bagi jemaah lansia, resiko tinggi (risti) dan penyandang disabilitas dihimbau untuk dapat memanfaatkan layanan kursi roda dan skuter di Masjidil Haram untuk Tawaf dan Sa’i

BACA JUGA:Rangkaian Puncak Haji Rampung, Jamaah Nafar Tsani Kembali Ke Makkah

Selain tidak mengurangi esensi dari tawaf dan sa’i-nya, memanfaatkan jasa kursi roda dan skuter tidak membuat jemaah kelelahan. 

“Gunakan layanan resmi kursi roda dan petugas resmi di Masjidil Haram, abaikan bila ada tawaran jasa kursi roda tidak resmi, jangan sungkan meminta bantuan petugas haji Indonesia yang berada di Masjidil Haram,” ucap dia.

Sebelumnya, jemaah yang mengambil nafar tsaani dan telah menyelesaikan lontar jumrah dan secara bertahap meninggalkan Mina dijemput oleh petugas di tendanya dan selanjutnya  dibawa ke hotel masing-masing jemaah. 

BACA JUGA:Kabar Dari Tanah Suci (19): Meneladani Kisah Rasulullah di Masjid Al-Bai'ah

Fauzin menjelaskan, sebanyak 156.730 jemaah atau 73,75 persen dari total jemaah melakukan nafar awal sementara 33.033 jemaah atau 26,25 persen dari total jemaah melakukan nafar tsani.

“Bagi jemaah yang melakukan nafar awal seluruhnya telah diberangkatkan kembali ke hotel di Makkah. Dan hari ini, jemaah yang melakukan nafar tsani secara bertahap meninggalkan Mina menuju hotelnya masing-masing,” lanjut Fauzin.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: