Hari Ini 6 Ribu Jemaah Haji Diterbangkan Ke Tanah Air

Hari Ini 6 Ribu Jemaah Haji Diterbangkan Ke Tanah Air

Jamaah Haji bersiap pulang ke tanah air di Bandara King Abdul Aziz Jeddah-Kemenag-

HARIAN DISWAY - 18 kelompok terbang (kloter) mendapatkan kesempatan pertama untuk dipulangkan ke tanah air pada 4 Juli 2023  

18 kloter tersebut terdiri dari total 6.961 jemaah haji. Mereka diberangkatkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah. Sejumlah debarkasi telah bersiap menyambut kedatangan pertama jemaah haji dari Tanah Suci. 

“Setiba jemaah haji di bandara (debarkasi,Red), ada pemantauan kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), selanjutnya jemaah naik bus sesuai rombongannya menuju asrama haji,” terang Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado selasa, 4 Juli. 

BACA JUGA:Pemulangan Jamaah Haji Ke Tanah Air Mulai Tanggal 4 Juli 2023

Begitu tiba di Asrama Haji, para jamaah bakalan menerima air zamzam dan koper. Setelahnya jemaah dapat kembali ke rumah dijemput keluarga masing-masing,” sambung Dodo. 

Sementara untuk penerbangan selanjutnya pada 5 Juli esok, jemaah dan petugas yang diberangkatkan ke Tanah Air berjumlah 6.682 orang yang terdiri dari 16 kelompok terbang (kloter) 

BACA JUGA:Kuota Haji Tahun Depan Tetap 221 Ribu Jamaah

Dodo menambahkan, jumlah jemaah sakit yang dirujuk ke Rumah Sakit Saudi Arabia (RSAs) sampai dengan hari ini berjumlah 402 orang. Dengan rincian: Rawat jalan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah sebanyak 25 orang, Rawat inap di KKHI sebanyak 170 orang, dan Rawat inap di RSAS sebanyak 207 orang. 

BACA JUGA:Daftar Barang Yang Tidak Boleh Dibawah Pulang Oleh Jamaah

“Jemaah yang wafat hingga 03 Juli 2023 pukul 24.00 Wib bertambah 43 orang, total jemaah yang wafat hingga hari ini berjumlah 337 orang. Suhu di Makkah hari ini berkisar antara 30 hingga 41 derajat celcisu,” imbuhnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: