Cheng Yu Pilihan Pakar Kuliner William Wongso: Min Yi Shi Wei Tian

Cheng Yu Pilihan Pakar Kuliner William Wongso: Min Yi Shi Wei Tian

Cheng Yu William Wongso--

SOAL rasa, William Wongso ahlinya. Ia hafal di luar kepala beragam kuliner dunia. Merentang dari Asia hingga Eropa. Di panggung-panggung internasional, ia konsisten mengenalkan cita rasa Nusantara. 

"Anda bisa meng-Google semua, tapi tak akan pernah bisa meng-Google rasa," kata William Wongso saat dihubungi pengasuh rubrik ini, beberapa waktu lalu. 

Maklum, sebagaimana ditegaskan pepatah Tiongkok klasik, "民以食为天" (mín yǐ shí wéi tiān): manusia menjadikan makan sebagai kebutuhan utamanya.

William sudah akrab dengan kuliner sejak belia. Ayahnya, yang merupakan fotografer Bung Karno, kerap membawanya keliling ke berbagai daerah untuk menjajal makanan khas setempat. Ia juga mengajari William memotret –yang kelak sangat berguna untuk kegiatan eksplorasi kuliner William ke mana-mana.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan 1st Runner-up Miss Chinese World 2023 Joan Angelina: Liang Li Er Xing, Jin Li Er WeiBACA JUGA:Cheng Yu Pilihan YouTuber Kimbab Family Gina Selvina: Kai Juan You Yi

Itulah salah satu letak keunikan William. Ia tidak belajar memasak dari sekolah-sekolah formal, melainkan dari juru masak warung-warung pinggir jalan hingga koki-koki restoran dan hotel berbintang.

Belakangan, bakat William dalam memasak memberinya banyak sekali keberuntungan dan pengalaman berharga. Mulai dari membuka restoran, menjadi host acara masak televisi, sampai didaulat untuk mendesain menu makanan bagi para kepala negara anggota G20 yang hadir di Bali pada 15–16 November 2022 silam. 

Sebelumnya, William telah tiga kali terlibat mengurusi menu makan forum internasional yang melibatkan kepala-kepala negara di dunia. Pernah di Amerika, pernah pula di Korea. 

Kini, sekalipun usianya tidak lagi muda, William masih menyibukkan diri memberikan edukasi kepada generasi penerus untuk turut melestarikan kuliner Indonesia. 

Sehat selalu, Pak William! (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: