Cewek Lawan Maling Motor

Cewek Lawan Maling Motor

Gerombolan pencuri sepeda motor yang bermodalkan korek api berbentuk pistol dan kunci letter T diamankan polisi.--

”Ya, tadi ada anggota ngabarin saya. Sekitar pukul 14.30 WIB kejadiannya. Pas dia melintas di jalan bawa mobil dinas, ada maling motor digebuki massa. Terus diamankan. Sudah dibawa ke reskrim pelakunya.”

Kasi Humas Polres Tuban Iptu Jamhari kepada wartawan, Jumat, 7 Juli 2023, mengatakan, pelaku MI sudah berstatus tersangka dan ditahan. MI warga Desa Tambaklekok, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Ternyata ia residivis pencuri motor. 

Iptu Jamhari: ”Berdasar penyidikan, tersangka sudah 15 kali mencuri motor. Tiga belas di antaranya berlokasi di berbagai titik di Tuban. Lokasi lain di Gresik dan Lamongan. Kejadian itu yang keenam belas. Tersangka juga pernah dihukum penjara.”

Polres Tuban menghormati warga yang sudah berusaha menggagalkan pencurian itu. Tanpa upaya keras warga, pencurian pasti sudah terjadi. Namun, polisi juga mencegah warga main hakim sendiri. Meski, tersangka sudah babak belur.

Kasus itu viral di medsos. Tidak ada video aksi Richi menarik motor. Mungkin tak ada yang sempat merekam. Adanya video saat maling dikerumuni, dipukuli massa. Warganet memuji sikap berani Richi. Wanita satu lagi tak diketahui identitasnyi.

Wanita melawan penjahat memang jarang. Pria pun jarang. Sebab, tindakan itu berisiko tinggi. Biasanya maling motor bersenjata. Juga berkelompok. Minimal dua. Keberanian Richi menakjubkan. Berkebalikan dengan anjuran menghadapi maling dan begal: jangan dilawan langsung, bisa bahaya.

Dikutip dari Reader’s Digest, Selasa, 14 Februari 2023, berjudul I’m a Mugger, Here’s How to Outsmart Me, mengajarkan itu. Sebaiknya maling dan begal jangan dilawan langsung. Berhadap-hadapan. Boleh melawan tidak langsung. Misalnya, lapor polisi. Tapi, di kasus Richi, seandainya lapor polisi, sudah telat.

Reader’s Digest melaporkan, berdasar Program Pelaporan Kejahatan FBI  (Federal Bureau of Investigation), sepanjang 2017 ada 319.356 kasus maling, begal, dan perampokan di Amerika Serikat (AS). Sekitar 37 persen terjadi di sekitar jalan raya. 

Di situ ditampilkan profil begal AS terkenal, David Solano, 35. Berdasar catatan FBI, Solano sudah membegal sekitar 100 orang korban. Sebagian dibunuh. Solano kini menghuni Penjara Fishkill di New York, menjalani hukuman 25 tahun sejak 2017.

Solano sering diwawancarai wartawan, mengungkap pemikiran penjahat terhadap korban. Kata Solano, itu ia ungkapkan karena ia sudah tobat dan berharap itu berguna bagi masyarakat agar waspada supaya tidak jadi korban kejahatan. Dan, Reader’s Digest mengutip, dengan pesan: ”Ini pengakuan langsung dari mulut perampok. Agar Anda terhindar jadi korban kejahatan.”

Ada 18 item yang diungkap Solano. Panjang dan terperinci. Mulai perencanaan pembegal sebelum beraksi, pemilihan korban yang jadi target, strategi pelaksanaan perampokan, beberapa variasi pelaksanaan disesuaikan situasi dan kondisi, sampai rencana pelarian.

Disarikan dari pengakuan Solano, ada sembilan hal yang perlu diketahui publik agar jangan jadi korban perampokan.

1) Jika Anda dirampok, patuhi. Solano mengatakan, ia memburu harta, bukan nyawa. Kecuali jika kepepet. Karena Solano selalu bersenjata (pistol).

Solano mengatakan, perampokan dimotivasi oleh keserakahan, bukan kekerasan. Kecuali keadaan terpaksa. Artinya, daripada perampok yang mati, lebih baik korban yang mati.

2) Jangan sendirian. ”Sendirian” adalah kriteria pertama Solano memilih target. Sebelum ia menentukan kriteria lain, seperti gender, usia, bentuk fisik, apa pun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: