Cheng Yu Pilihan Pendiri RITA Group Buntoro: Ma Dao Cheng Gong

Cheng Yu Pilihan Pendiri RITA Group Buntoro: Ma Dao Cheng Gong

Cheng Yu Buntoro--

BUNTORO bukan berasal dari kalangan berada. Pemilik jaringan RITA SuperMall dan puluhan supermarket di Purwokerto itu lahir dari keluarga yang sangat sederhana. Ayahnya sibuk di toko kelontong, sementara ibunya ialah ibu rumah tangga biasa yang gigih mengurus tujuh anaknya. 

Dasar nasib. Waktu Buntoro masih berumur 8 tahun dan kakak tertuanya berusia 10 tahun, ayahnya dipanggil Yang Mahakuasa. Praktis, ibunyalah yang menjadi tumpuan ekonomi satu-satunya. 

"Ibu saya harus berusaha menghidupi anak-anaknya dengan berjualan makanan. Saat itu mungkin orang membeli hanya karena kasihan kepada kami," kenang Buntoro, saat peluncuran biografinya, 12 April 2022 lalu. 

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Pakar Kuliner William Wongso: Min Yi Shi Wei Tian

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan 1st Runner-up Miss Chinese World 2023 Joan Angelina: Liang Li Er Xing, Jin Li Er Wei

Ada satu pengalaman yang tidak mungkin Buntoro lupakan sepanjang hidupnya. Demi membantu ibunya, Buntoro dan kakaknya jualan makanan dengan mengayuh sepeda. Apes, di tengah hujan yang deras dan jalan yang licin, keduanya terjatuh dan makanannya tumpah berhamburan. Ibunya tidak mengizinkan mereka berjualan lagi setelah kejadian tersebut. 

Dengan modal seadanya, Buntoro yang usianya baru 15 tahun, akhirnya nekat membuka kios kelontong berukuran 4×6 meter di kawasan Kebondalem –yang kelak menjadi cikal bakal supermarket RITA Pasaraya. 

Nama RITA sendiri ternyata merupakan singkatan dari Republik Indonesia Tanah Airku. Menunjukkan betapa nasionalisnya Buntoro. 

Buntoro senang sekali memelihara kuda. ”Dulu, ketika kecil, saya sering naik kuda di tempat wisata. Saya suka kuda karena selain gagah, besar, dan kuat, kuda juga hewan yang taat dan setia. Diajak jalan kemana pun, ia akan setia melaksanakannya,” ujar Buntoro. 

Tak heran bila cheng yu atau pepatah favorit Buntoro mengandung unsur kuda: "马到成功" (mǎ dào chéng gōng). Yang arti harfiahnya: begitu kuda tiba, kemenangan berada di depan mata. Maksudnya: sukses diraih dengan cepat berkat usaha. 

Buntoro adalah contoh nyatanya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: