Kalahkan Thailand 3-0, Indonesia Lolos ke Final Kejuaraan Badminton Beregu Asia Junior 2023

Kalahkan Thailand 3-0, Indonesia Lolos ke Final Kejuaraan Badminton Beregu Asia Junior 2023

Mutiara Ayu Puspitasari mengalahkan Saranporn Sombutwatthananukool di semifinal Kejuaraan Beregu Asia Junior 2023-PBSI-

JOGJAKARTA, HARIAN DISWAY - Indonesia berhasil mencapai babak puncak Kejuaraan Beregu Asia Junior 2023. Pada Senin, 10 Juli 2023 di GOR Amongrogo, Jogjakarta itu mereka bertanding dua kali. Masing-masing melawan India di perempat final dan menghadapi Thailand di semifinal.

 

Pertandingan perempat final digelar mulai pukul 09.00 WIB. Tim Merah Putih berhasil menghentikan perlawanan India dengan skor akhir 3-1. Dari empat partai itu, India mencuri poin pada partai ketiga.

 

Ruzana harus mengakui keunggulan Rakshita Ramraj 18-21, 21-10, 21-23. Kemudian Indonesia memastikan kemenangan melalui Muhammad Al Farizi/Nikolaus Joaquin. Mereka berhasil menumbangkan Divyam Arora/Mayank Rana 21-10, 10-21, 21-12.

 

Laju Indonesia lebih mulus pada semifinal melawan Thailand pada sore harinya. Indonesia unggul telak 3-0. Tiga kemenangan itu masing-masing diberikan oleh Adrian Pratama/Felisha Pasaribu, Alwi Farhan, dan Mutiara Ayu Puspitasari.

 

BACA JUGA:Sudah Ikut Kualifikasi Airbadminton, PBSI Kecewa AWBG 2023 di Bali Batal Digelar

BACA JUGA:Kena Mental, Jawara Malaysia Hiatus dari Badminton usai Tumbang Cepat di Indonesia Open

 

“Kemenangan saya hari ini rasanya campur aduk. Saya sempat tidak percaya diri dan punya tekanan karena pada kesempatan lawan China saya kurang bisa memaksimalkan,” kata Mutiara kepada Tim Humas PP PBSI.

 

Pertandingan final digelar pada Selasa, 11 Juli 2023. Indonesia akan menantang Jepang. Sebelumnya Jepang telah mengalahkan Tiongkok 3-1 di perempat final. Dengan skor yang sama pula, Jepang unggul atas Taiwan di semifinal.

 

Alwi Farhan, yang menjadi kapten tim, berharap tren positif ini bisa diteruskan hingga babak akhir. Mereka telah melakukan persiapan selama tiga bulan. Jika bisa mengalahkan Jepang, ini akan menjadi gelar pertama tim Indonesia dalam Kejuaraan Beregu Asia Junior.

 

“Jepang merupakan tim yang kuat, kami tidak fokus pada kekuatan mereka dan akan fokus dengan kekuatan yang kami miliki sendiri. Kami akan bermain nothing to lose untuk laga besok,” kata Alwi.

Dalam Kejuaraan Beregu Asia Junior, capaian terbaik Indonesia sebelumnya adalah dua kali finalis. Pertama pada edisi 2017 dan kalah 2-3 dari Korea Selatan. Kemudian sebelum vakum karena pandemi, Indonesia kalah 2-3 dari Thailand di laga pamungkas. (8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: