Intip Makna di Balik Logo LRT Jabodebek yang Mirip Angka 8

Intip Makna di Balik Logo LRT Jabodebek yang Mirip Angka 8

Logo LRT Jabodebek-KAI-

HARIAN DISWAY - Light Rail Transit (LRT) Jabodebek akan segera memasuki masa uji coba yang dijadwalkan pada 12 Juli - 15 Agustus 2023. Untuk kemudian, dapat beroperasi secara komersial pada 18 Agustus 2023 mendatang.

 

LRT Jabodebek sendiri merupakan moda transportasi massal yang menerapkan fitur paling modern. Yakni sebagai kereta tanpa masinis yang beroperasi secara otomatis melalui pengawasan dari pusat kendali. Layanannya akan terintegrasi dengan berbagai moda transportasi lain, seperti Bus, Commuterline, dan Kereta Cepat Jakarta Bandung.

BACA JUGA:Uji Coba Operasional LRT Jabodebek Mulai Besok

 

Dalam rangka menyambut operasional LRT Jabodebek, PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan logo layanan LRT Jabodebek pada Oktober tahun lalu. Dilansir dari siaran pers KAI, peluncuran logo baru dimaksudkan untuk mengenalkan layanan LRT Jabodebek kepada masyarakat yang ditargetkan akan beroperasi secara komersial pada Agustus 2023.

 

 

Dilihat sekilas, Logo LRT Jabodebek seperti menampilkan angka 8 rebahan yang ternyata adalah simbol infinity. Logo tersebut menunjukkan kedinamisan dan menyerupai lintasan LRT. 

 

Simbol infinity merupakan pertanda bahwa layanan LRT Jabodebek akan terus memberikan pelayanan terbaik yang tidak terbatas kepada penumpang. Bentuk simbol yang dinamis dimaknai sebagai penggunaan teknologi terbaik dalam pengoperasiannya.

BACA JUGA:LRT Jabodetabek Beroperasi Komersial 18 Agustus 2023

 

Warna merah di simbol infinity merupakan cerminan dari rasa keberanian dalam menghadapi bermacam tantangan. Serta, warna hitam pada tulisan LRT JABODEBEK merepresentasikan keseriusan pihak LRT Jabodebek dalam memberikan pelayanan moda transportasi publik.

 

Logo yang sekarang kita tahu adalah karya milik Yudha Pratama Putra. Ia keluar sebagai pemenang dari Logo Design Competition with LRT Jabodebek, mengalahkan 2.468 karya lainnya. Penjurian dilakukan oleh dewan juri yang berasal dari desainer profesional, konsultan kreatif, akademisi, dan tim internal KAI.

BACA JUGA:Bali Bakal Punya LRT, Pemerintah Bahas Studi Kelayakan Dengan Korsel

 

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengungkapkan bahwa peluncuran logo LRT Jabodebek diharapkan dapat menjadi semangat baru dalam menyelesaikan proyek ini. 

 

"Pada pertengahan tahun 2023, LRT Jabodebek akan mulai beroperasi untuk melayani masyarakat. Sebagai moda transportasi perkotaan yang paling modern, KAI terus bersiap dalam berbagai aspek sehingga nantinya dapat melayani pelanggan sebaik mungkin," ujar Didiek.

"Semoga dengan diluncurkannya logo baru ini, LRT Jabodebek akan semakin dikenal dan dinantikan kehadirannya oleh masyarakat hingga menjelang pengoperasiannya. KAI bersama seluruh stakeholder berkomitmen untuk terus mempersiapkan LRT Jabodebek secara extraordinary guna menghadirkan pilihan baru masyarakat dalam bertransportasi.” tutupnya.(Rafilah Munika)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kai