Uji Coba Operasional LRT Jabodebek Mulai Besok

Uji Coba Operasional LRT Jabodebek Mulai Besok

M Risal Wasal selaku Direktur Jenderal Perkeretaapian mengungkapkan jika pembaharuan software operasi LRT Jabodebek telah hampir rampung dan LRT Jabodebek akhirnya siap diuji coba dengan melibatkan penumpang serta masyarakat umum.-Kemenhub-

JAKARTA, HARIAN DISWAY – Menjelang operasional penuh pada Agustus 2023 mendatang, sistem kereta Light Rapid Transit (LRT) Jabodetabek akan menjalani serangkaian uji coba operasional terbatas mulai Rabu, 12 Juli 2023. 

Hal tersebut diputuskan dalam rapat koordinasi kesiapan jelang uji coba operasional terbatas Senin, 10 Juli 2023. 

Rakor dipimpin oleh Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal dan dihadiri sejumlah stakeholder terkait. Diantaranya Kepala Divisi LRT Jabodebek PT KAI Mochamad Purnomosidi, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAI  John Roberto, perwakilan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Depok dan Bekasi, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), dan jajaran Ditjen Perkeretaapian Kemenhub.

BACA JUGA:LRT Jabodetabek Beroperasi Komersial 18 Agustus 2023

 “Berdasarkan kesepakatan dalam rapat, telah diputuskan mulai besok tanggal 12 sampai 15 Agustus 2023 akan dilakukan uji coba operasional terbatas,” kata Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Selasa 11 Juli 2023.

Risal mengatakan, pihaknya telah menerima surat permohonan pelaksanaan uji coba operasional terbatas yang disampaikan oleh Direktur Utama KAI kepada Direktur Jenderal Perkeretaapian. 

Surat tersebut juga telah menyertakan rekomendasi safety assessment dari Siemens dan konsultan pengawas proyek pembangunan LRT Jabodebek.

BACA JUGA:Jelang Operasi Penuh Agustus, Kemenhub Gencarkan Pengujian LRT Jabodetabek

Risal menambahkan, dalam uji coba terbatas nanti, selain menguji coba pengoperasian LRT, juga sekaligus dilakukan uji coba terkait sistem pembayaran dan integrasi antarmoda di masing-masing stasiun yang dilewati. 

“Kami telah berkoordinasi dengan BPTJ dan jajaran Dinas Perhubungan baik di DKI Jakarta, Depok, dan Bekasi terkait dengan penyiapan angkutan lanjutan seperti Bus Transjakarta, Jak Lingko, angkot, KRL, Kereta Cepat, dan lain sebagainya,” kata Risal.

BACA JUGA:Bali Bakal Punya LRT, Pemerintah Bahas Studi Kelayakan Dengan Korsel

Sementara itu, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan, uji coba dilakukan untuk memperkenalkan dengan mengajak masyarakat untuk merasakan pengalaman baru menggunakan LRT Jabodebek.

“Untuk itu, aspek keselamatan dan keamanan perjalanan LRT Jabodebek menjadi perhatian utama kami sebelum dimulainya uji coba terbatas besok,” ucapnya.

 Ia mengatakan, uji coba operasional terbatas akan dilakukan secara bertahap, Tahap pertama mulai 12 Juli 2023 sampai 26 Juli 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: