Kurangi Emisi Karbon, FIFGROUP Pasang Solar Panel di 10 Kantor Cabang

Kurangi Emisi Karbon, FIFGROUP Pasang Solar Panel di 10 Kantor Cabang

Instalasi solar panel di FIFGROUP Cabang Mataram menjadi wujud komitmen perusahaan dalam mendukung penggunaan energi yang ramah lingkungan.-Dokumentasi FIFGROUP-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Ini salah satu bentuk kepedulian FIFGROUP dalam mengurangi pencemaran lingkungan dan mengurangi dampak perubahan iklim. Sepuluh kantor cabang FIFGROUP dipasang solar panel untuk memanfaatkan listrik tenaga surya. Pemasangan dilakukan secara bertahap di berbagai penjuru negeri. 

Pada Juli 2023, FIFGROUP telah melakukan pemasangan solar panel di tiga titik lokasi kantor cabang. Mulai dari Palembang, Sumatera Selatan, yang berada di wilayah bagian barat Indonesia. Kemudian Mataram, Nusa Tenggara Barat di wilayah bagian tengah. Serta Jayapura, Papua, di wilayah bagian timur.

Wilayah bagian barat, tengah, dan timur Indonesia ini menyimpan berbagai keajaiban alam yang terlukiskan dalam bentuk keanekaragaman flora dan faunanya masing-masing. Setiap wilayah tersebut memiliki spesies endemik dan dilindungi yang menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan alam Indonesia yang perlu kita lestarikan. 

Ada Harimau Sumatera dan Bunga Bangkai di Bengkulu (wilayah barat). Di wilayah tengah ada  Penyu Hijau dan Anggrek Lombok di Nusa Tenggara Barat. Lalu di wilayah timur terdapat Burung Cendrawasih dan Anggrek Hitam di Papua. 


Operations Director FIFGROUP Setia Budi Tarigan (tengah) didampingi oleh Regional Management Division Head Dian Herliana (kiri), dan Risk Management Division Head Johan Oscar meresmikan solar panel di kantor cabang Mataram, 7 Juli 2023. -Dokumentasi FIFGROUP-

10 Titik Solar Panel

Pada 2023, FIFGROUP berkomitmen untuk melakukan instalasi solar panel sebanyak 10 titik lokasi kantor cabang. Setelah Medan, Denpasar, Pekanbaru, Rungkut, Makassar, Palembang, Jayapura, Mataram, masih ada 2 titik lokasi yaitu Karawang dan Balikpapan.

Operation Director FIFGROUP Setia Budi Tarigan mengajak masyarakat turut berperan aktif dalam berkontribusi mendorong perubahan positif ini. Caranya dengan mendukung dan mempromosikan segala bentuk aksi positif dalam memberikan tempat tinggal yang lebih baik untuk anak cucu kita di masa depan. 

"Mari kita tingkatkan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan dan mengurangi jejak karbon kita. Dengan melakukan hal-hal kecil, mulai dari kita, seperti menghemat energi dan memilih sumber daya yang ramah lingkungan, kita dapat berkontribusi pada masa depan yang lebih cerah untuk generasi mendatang," ujar Setia Budi Tarigan.

Pemasangan solar panel ini, kata Setia Budi, juga seirama dengan misi perusahaan dalam menjalankan program keberlanjutan yang sejalan dengan Environment, Social, and Governance (ESG). "Oleh karenanya, setiap individu dan pihak harus berperan aktif dalam upaya penanggulangan emisi GRK agar dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan lestari bagi generasi mendatang,” tambahnya.

Dalam mendukung dorongan global pada implementasi Environment, Social, and Governance (ESG) dan Sustainability untuk masa depan yang lebih hijau, FIFGROUP terus menggencarkan aksi nyata yang dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan.

Aksi itu dilakukan dengan mengusung tagline #CARE yang merupakan singkatan dari Create Action, Rescue Earth. Melalui tagline tersebut perseroan membaginya menjadi tiga aksi, yaitu #CAREforWaste, #CAREforPeople, dan #CAREforGreenLeaving. Untuk #CAREforWaste, FIFGROUP mendorong karyawannya untuk turut berpartisipasi untuk bijak dalam menggunakan air, mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan, hingga penggunaan botol plastik di area kantor.

BACA JUGA:Perubahan Iklim Picu Peningkatan Kejadian Bencana

Melalui #CAREfoPeople, FIFGROUP berinisiatif menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan inklusif melalui program rekrutmen untuk pegawai disabilitas dan juga program inspeksi safety riding yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan dalam berkendara yang aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: