Bergantung Fleksibilitas Pulisic

Bergantung Fleksibilitas Pulisic

CHRISTIAN PULISIC akan menjadi opsi menarik untuk lini depan AC Milan. Eks penyerang sayap Chelsea itu tidak terlalu optimal selama berada di Stamford Bridge. Masa keemasan Pulisic terjadi ketika memperkuat Borussia Dortmund--

MILAN siap menyambut Christian Pulisic dari Chelsea. Rossoneri  menambahkan penyerang Amerika Serikat itu ke lini depan Stefano Pioli.

Pemain sayap berusia 24 tahun itu bergabung dengan Rossoneri dalam kesepakatan senilai total sekitar EUR 22 juta. Ia menandatangani kontrak berdurasi empat tahun. Pulisic diperkirakan mengenakan nomor punggung 11.

Kedatangan Pulisic memberi Pioli lebih banyak opsi di lini depan. Dengan fleksibilitas taktis dan pengalamannya, Pulisic bisa bermain di kanan dan di tengah serta peran alaminya di sayap kiri.

Lantas, bagaimana Pulisic akan diturunkan di Milan? Musim lalu Pioli kebanyakan menurunkan Milan dalam formasi 4-2-3-1. Milan menggunakan striker tunggal seperti Olivier Giroud di depan tiga penyerang –Rafael Leao di kiri, Brahim Diaz atau Charles De Ketelaere di tengah, dan Junior Messias atau Alexis Saelemaekers di kanan.

Baca Juga : PSIS vs Persebaya: Tugas Ripal Matikan Marukawa!

Harapannya, pelatih Rossoneri akan melakukan beberapa perubahan untuk musim mendatang. Diaz telah kembali ke Real Madrid dan De Ketelaere jelas belum siap menjadi starter reguler. Dengan demikian, menyisakan kekurangan nomor punggung 10 yang bisa diandalkan sehingga diharapkan skema 4-2-3-1 diganti dengan sistem 4-3-3. 

Sistem 4-3-3 akan sangat cocok dengan Pulisic. Pemain sayap itu dapat dengan nyaman memulai di sisi kanan dari tiga pemain depan, menambah lapisan lain pada serangan Milan, yang sering kali sangat timpang karena pekerjaan Leao dan Theo Hernandez di sisi kiri lapangan.

Dengan permainan passing dan dribbling-nya yang kuat, ia akan berada dalam elemennya di posisi itu. Artinya, Pulisic mampu menghadapi pemain bertahan sebelum memainkan bola di saluran yang lebih sentral. Giroud adalah target utama di sini. Jadi, tidak sulit untuk melihat mengapa klub juga mencari penyerang baru seperti Folarin Balogun dari Arsenal.

Jika Pioli memutuskan untuk beralih kembali ke sistem 4-2-3-1, Pulisic masih bisa menjadi starter di sisi kanan dari tiga penyerang, tetapi ia juga bisa bermain di belakang penyerang tengah, menambah kedalaman, dan opsi rotasi ke skuad.

Baca Juga : Luis Milla Dipecat Persib atau Mengundurkan Diri? Gagal Juara, 5 Laga Terakhir Tanpa Menang

Kemampuan pemain sayap Amerika Serikat untuk dengan mudah menggantikan Leao di sisi kiri menghilangkan tekanan dari bintang Portugal itu, memberinya cadangan yang dapat diandalkan dengan gaya yang berbeda. Itu membantu melawan ketergantungan Milan yang berlebihan pada Leao. Sesuatu yang menjadi jelas di musim lalu.

Terakhir, fleksibilitas taktis Pulisic di lini depan membuat ia tidak akan dipinggirkan seandainya Pioli memutuskan untuk mengutak-atik sistemnya sepanjang musim. Sesuatu yang terlihat musim lalu ketika ia bereksperimen dengan formasi 3-4-2-1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: