Cara Relaksasi Sederhana Usir Stres Akibat Pusing Kerjaan

Cara Relaksasi Sederhana Usir Stres Akibat Pusing Kerjaan

Ilustrasi orang melakukan meditasi untuk mengusir stress-Alodokter-www.alodokter.com

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Stres bisa muncul karena pusing kerjaan dan tekanan dari orang lain. Ada sejumlah cara sederhana untuk melakukan relaksasi di rumah dan tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal. 

Stres muncul karena ada dua hormon tubuh yang dilepas. Hormon kortisol dan adrenalin. Akibatnya, orang menjadi kurang fokus dan sering pelupa. Selain itu, stres dapat menimbulkan sejumlah penyakit. Misalnya, sakit kepala, rasa cemas yang berlebih, jantung berdebar, bahkan depresi.

Relaksasi menjadi salah jawaban persoalan orang yang ingin mengusir stres. Dengan adanya sejumlah cara relaksasi berikut, peredaran darah tubuh bergerak lebih lancar dan meningkatkan kesehatan tubuh serta pikiran.

BACA JUGA: Five to Nine Service, Jasa Pelampiasan Stres di Surabaya

Mau tahu caranya? Anda bisa mencoba lakukan sejumlah cara relaksasi berikut:

Latihan pernapasan.

Teknik ini menjadi teknik  paling sederhana yang dapat dilakukan. Dalam posisi duduk atau berbaring, Anda dapat memegang perut dengan 1 tangan.

Kemudian Anda dapat mengambil napas panjang dan dalam. Tahan napas beberapa detik, lalu buang napas secara perlahan. 

Sambil memejamkan mata, Anda dapat membuang jauh-jauh pikiran berat selama melakukan latihan ini.

BACA JUGA: Relaksasi dan Mendulang Inspirasi

Meditasi.

Dalam posisi duduk dan melipat kedua kaki, Anda dapat melakukan latihan pernapasan. Bedanya, meditasi mencoba Anda untuk menenangkan diri, lalu mengalihkan semua pikiran duniawi. Fokus mendengarkan tarikan dan hembusan napas.

Terapi musik.

Musik menjadi salah satu sarana meredakan stres dan memperbaiki suasana hati. Jenis musik yang didengar tergantung genre musik yang disukai oleh pendengarnya. 


Founder Duta Taichi Indonesia Toni Liono (kiri) dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi senam taichi di halaman Balai Kota, Kamis, 25 Mei 2023.-Humas Pemkot Surabaya-Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.alodokter.com/