Pemerintah Perluas Terminal 1 dan 2 Bandara Soetta

Pemerintah Perluas Terminal 1 dan 2 Bandara Soetta

Menhub Budi Karya Sumadi dalam kunjungan ke Soetta, Sabtu 22 Juli 2023. Bandara tersibuk di Asia Tenggara tersebut mengalami perluasan untuk menambah kapasitas penumpang-Kemenhub-

HARIAN DISWAY - Proyek perluasan terminal 1 dan 2 Bandara Soekarno-Hatta terus berjalan. Perluasan diharapkan bisa memperbesar jumlah penumpang yang dilayani setiap tahunnya. 

Secara keseluruhan, revitalisasi Terminal 2 Bandara Bandara Soetta akan meningkatkan kapasitas terminal dari sebelumnya hanya dapat menampung 9 juta penumpang/tahun menjadi 21 juta penumpang/tahun.

Terminal 2 juga akan diperluas dari sebelumnya 173.608 meter persegi. Pasca revitalisasi, terminal akan bertambah luas menjadi 234.50 meter persegi yang meliputi terminal 2D, 2E dan 2F. 

BACA JUGA:Bandara Soetta Bakal Diperluas, Bisa Tampung 110 Juta Penumpang Per Tahun

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan, khusus di Terminal 2F yang melayani penerbangan internasional, diharapkan dapat melayani hingga 7 juta penumpang yang semula hanya dapat menampung 3 juta penumpang. 

Kegiatan revitalisasi meliputi desain interior terminal, penggantian peralatan dan jaringan MEP (mechanical, electrical, plumbing), pembuatan connecting antar boarding lounge dan lounge umroh, dan penerapan Integrated Building Management System (IMBS). 

Total luas Terminal 2F setelah revitalisasi menjadi 74.964 meter persegi yang semula hanya seluas 36.402 meter persegi.

BACA JUGA:Selain Penerbangan Umroh, Bandara Kediri Juga Kuatkan Pariwisata

BACA JUGA:Bandara Kertajati Mulai Ramai Layani Kedatangan Jamaah Haji

Sementara itu, revitalisasi terminal 1C dilakukan pada lantai dasar seluas 46.100 meter persegi dan lantai 1 seluas 38.200 meter persegi. 

Adapun revitalisasi Terminal 1 C meliputi area pelayanan penumpang keberangkatan dan kedatangan, area komersial, area perkantoran, connecting boarding lounge, area bagasi penumpang, maupun pekerjaan MEP.

Dalam tinjauannya ke Bandara Soetta Minggu, 22 Juli 2023, Menhub juga melakukan pengecekan fasilitas pemeliharaan pesawat terbang di Garuda Maintenance Facilities (GMF AeroAsia). 

Ia mengatakan kepercayaan maskapai asing terhadap pemeliharaan pesawat di Indonesia semakin meningkat yang ditunjukkan dengan daftar waiting list permintaan perawatan pesawat baik dari maskapai nasional maupun asing.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: