PLN Audiensi dengan Pemkab Klaten untuk PSN

PLN Audiensi dengan Pemkab Klaten untuk PSN

Suasana audiensi antara PLN dan Pemkab Klaten terkait dengan pembangunan proyek strategi nasional.-Humas PLN-

JAWA TENGAH, HARIAN DISWAY- PLN melakukan audiensi dengan pemerintah Kabupaten Klaten. Itu dilakukan untuk mensinergikan pembangunan proyek strategis nasional (PSN) yang badan usaha milik negara (BUMN).

Pertemuan dilakukan awal Juli lalu di kantor pemkab Klaten. Saat itu, Bupati Klaten Sri Mulyani diwakili sekretaris daerah (Sekda) Pemkab Klaten Jajang Prihono dan jajarannya.

BACA JUGA:PLN Gerak Cepat Penuhi Pasokan Listrik KIS

Dalam pertemuan itu, ada Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan dan Sumber Daya Air, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marvest); General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) didampingi Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi dan Manager PLN UPP JBTB 2.

Dalam pertemuan itu, PLN menyampaikan, Kabupaten Klaten terlintasi pembangunan PSN, saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) 500 kV Ungaran-Pedan Sirkuit 2 Section 2 (Ampel-Pedan), SUTT 150 kV Pedan-Solo Baru dan SUTT 150 kV Pedan-Kentungan II (Kalasan). 

General Manager PLN UIP JBTB Anang Yahmadi mengatakan, kebutuhan kelistrikan di Pulau Jawa sangat besar. Penetapan lokasi pembangunannya pun telah ditentukan oleh Gubernur Jawa Tengah pada September 2022 lalu.

Pembangunan infrastruktur kelistrikan ini dampaknya akan dirasakan masyarakat Jawa Tengah. Termasuk Kabupaten Klaten. Seperti penyerapan tenaga kerja lokal. Namun, dampak yang paling terasa adalah perkuatan sistem kelistrikan setelah infrastruktur ini dioperasikan. 

“Kami optimistis akan memperlancar aktivitas di berbagai bidang di Kabupaten Klaten. Termasuk bidang perekonomian, pendidikan dan lainnya,” kata Anang dalam rilis yang diterima Harian Disway, Sabtu, 22 Juli 2023.

Untuk pengerjaan pembangunannya, PLN pasti mengikuti aturan yang berlaku. Serta mengikuti seluruh kaidah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). 

Pun dalam pelaksanaannya nanti, PLN akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan stakeholder terkait. Sehingga saat pelaksanaannya mulai dari pra-konstruksi hingga konstruksi dan pasca konstruksi, akan berjalan lancar. Manfaatnya juga dapat dirasakan penuh oleh masyarakat.

Sekda Pemkab Klaten Jajang Prihono mengungkapkan, pemda mendukung penuh program pemerintah pusat. Ia mengapresiasi PLN dalam usaha memperkuat sistem keandalan kelistrikan demi kepentingan masyarakat umum.

Audiensi kali ini, sebagai tindak lanjut dari audiensi yang telah dilaksanakan sebelumnya. Tentunya hal ini akan semakin meningkatkan sinergitas antara PLN dan Pemda Klaten.

“Program pemerintah Pusat tentu saja kami dukung. Kami berharap sinergi dapat berlangsung dengan baik antara PLN dengan pemda Klaten. Kami juga mengharapkan pembangunan PSN ini akan berdampak positif dan berjalan lancar bagi semua pihak,” ungkapnya.

Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan dan Sumber Daya Air Kemenko Marvest Rahman Hidayat menyampaikan pembangunan yang dilaksanakan oleh PLN merupakan penugasan oleh negara, dilaksanakan untuk kepentingan umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: