PLN Bantu Masyarakat Realisasikan Wisata Susur Sungai

PLN Bantu Masyarakat Realisasikan Wisata Susur Sungai

PLH GENERAL MANAGER Senior Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PLN UIP JBTB Eko Rahmiko (dua dari kiri) menyerahkan miniatur tower kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat peresmian wisata susur sungai di Kelurahan Kejawan Putih Tambak, Kamis, 27 Juni-Humas PLN UIP JBTB -

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Kota pahlawan punya ikon wisata baru: wisata susur sungai Surabaya. Lokasinya di Kelurahan Kejawan Putih Tambak. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi datang untuk meresmikan tempat itu pada Kamis, 27 Juli 2023.

Beberapa tokoh hadir dalam peresmian itu. Di antaranya, Plh General Manager Senior Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB) Eko Rahmiko serta Manager PLN UPP JBTB 2 David Eko.

Eko mengatakan, tempat wisata itu merupakan bantuan dari PLN Peduli. Total bantuan yang diberikan sebesar Rp 265 juta. Masyarakat yang tergabung dalam lembaga pemberdayaan masyarakat Kelurahan Kejawan Putih juga diberi bantuan tersebut. 

BACA JUGA:Lewat Co-firing, 40 PLTU PLN Group Mampu Turunkan Emisi hingga 429 Ribu Ton CO2

BACA JUGA:PLN Gerak Cepat Penuhi Pasokan Listrik KIS

BACA JUGA:Uprating GI Wonosari Selesai, PLN Penuhi Kebutuhan Masyarakat Jateng

Bantuan yang diberikan berupa pelatihan pembuatan kapal. Juga, tiga perahu susur sungai untuk wisatawan yang datang ke tempat wisata itu. Selain itu, dibangun dua dermaga untuk menunjang wisata susur sungai tersebut.

”Kami dalam menjalankan pembangunan infrastruktur kelistrikan harus juga berwawasan lingkungan. Salah satu bentuk kepedulian PLN berupa program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL). Selaras dengan tujuan pemerintah sustainable development goals (SDGs),” katanya dalam rilis yang diterima Harian Disway, Jumat, 28 Juli 2023.

Harapannya, bantuan itu akan makin mengembangkan perekonomian masyarakat setempat. Ia yakin, meningkatnya pendapatan akan memperbaiki taraf hidup masyarakat sekitar. Selain itu, masyarakat mendapat ilmu baru dalam pembuatan kapal.

Ilmu tersebut bakal bermanfaat untuk warga sekitar. Sebab, mayoritas mata pencaharian warga adalah nelayan. Masyarakat juga diharapkan dapat peduli dan turut menjaga aset PLN yang ada di lingkungan masing-masing.

BACA JUGA:Sikap PLN Terhadap PLTU Batu Bara: Tidak Semuanya Dipensiunkan

BACA JUGA:PLN Percepat Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan untuk JIIPE

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kejawan Putih Tambak Muhammad Yasin menyampaikan terima kasih kepada PLN atas bantuan yang diberikan. Selama ini kapal yang digunakan untuk menyusuri sungai adalah kapal nelayan. Tidak ada perahu khusus untuk wisatawan.

”Dengan adanya bantuan PLN melalui Program PLN Peduli, warga yang tergabung dalam komunitas memiliki perahu yang difungsikan khusus untuk wisata. Harapannya, dapat memikat dan meningkatkan wisata susur sungai yang dibuka secara umum di 27 Juli 2023,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: