Uprating GI Wonosari Selesai, PLN Penuhi Kebutuhan Masyarakat Jateng

Uprating GI Wonosari Selesai, PLN Penuhi Kebutuhan Masyarakat Jateng

PROSES pengerjaan uprating GI 150 kV Wonosari, Jateng, beberapa waktu lalu.-Humas PLN UIP JBTB -

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) baru saja melakukan penguatan keandalan kelistrikan di Klaten, Jawa Tengah. Yakni, memberikan tegangan pertama (energize) uprating gardu induk (GI) 150 kV Wonosari 1, jalur jaringan (line bay) arah Pedan Satu. Kapasitas trafo sebesar 3 x 60 MVA.

Sebelumnya, PLN melakukan rekonduktoring SUTT 150 kV Pedan–Wonosari pada 2018 dengan kapasitas 1 x 600 ampere. Kini, dengan penambahan yang dilakukan PLN UIP JBTB, kapasitas daya hantarnya menjadi 2 x 1.200 ampere. 

Pengerjaan uprating GI 150 kV itu menjadi tindak lanjut sistem ketenagalistrikan agar menjadi lebih andal. Yakni, dengan menaikkan kemampuan peralatan dari 300–600 ampere menjadi 3.150 ampere.

Manajer PLN UPP JBTB 1 Dicky Saputra mengatakan, GI yang berlokasi di Desa Telogo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten itu nantinya memenuhi kebutuhan pasokan listrik untuk wilayah Jawa Tengah. Terutama untuk meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.

”Meningkatnya ekonomi masyarakat, tentu kebutuhan listrik akan meningkat. Sehingga, dibutuhkan penambahan infrastruktur kelistrikan demi memenuhi kebutuhan tersebut. Keberhasilan energize ini berkat dukungan dari seluruh stakeholder. Beroperasinya GI ini, masyarakat dapat menikmati listrik yang andal,” ungkapnya.

General Manager PLN UIP JBTB Anang Yahmadi menambahkan, keberhasilan energize uprating GI 150 kV Wonosari yang dilakukan Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Timur dan Bali  (UPP JBTB) 1 merupakan perwujudan komitmen dan bukti integritas PLN dalam menyediakan pasokan listrik yang aman dan andal untuk wilayah Jawa Tengah. 

”Kami masih mengejar pengerjaan uprating 1 jalur jaringan lagi pada GI 150 kV Wonosari. Kami optimis akan energize di pertengahan 2023 ini,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan Wiluyo Kusdwiharto memberikan apresiasi atas berhasilnya pemberian tegangan pertama untuk uprating GI 150 kV Wonosari. (*)

 

Sumber: