Gaet Komunitas Seni, Tong Tong Night Market 2023 Ajak IDSBA dan Galeri Sadikin Pard

Gaet Komunitas Seni, Tong Tong Night Market 2023 Ajak IDSBA dan Galeri Sadikin Pard

Pelukis difabel Sadikin Pard (kanan) dan Petrisia Salera (kiri) di Festival Tong Tong Night Market Jalan Cerme, Malang, 30 Juli 2023.-Moch Sahirol Layelli - Harian Disway-

MALANG, HARIAN DISWAY-Tong Tong Night Market 2023 yang dihelat The Shalimar Boutique Hotel berlangsung meriah, 28-30 Juli 2023. Kemeriahan itu didukung dengan ajakan kepada komunitas seni Indonesia Society of Botanical Artists (IDSBA) dan Galeri Sadikin Pard.

IDSBA yang awalnya berbasis di Bogor itu merupakan komunitas yang berisi para seniman lukis yang fokus pada gambar tanaman.

“Kami menghindari pelukisan hewan dan objek lainnya yang kurang penting. Sebab, melukis tumbuhan ini sebisa mungkin harus akurat dan bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah,” ungkap Rio Ananta, salah seorang pelukis.

BACA JUGA : Suka Ria dari Masa Silam, Tong Tong Night Market 2023 Meriahkan Malang


Melukis bersama IDSBA di Festival Tong Tong Night Market Jalan Cerme, Malang, 30 Juli 2023.-Moch. Sahirol Layeli-Harian Disway-

IDSBA dibentuk pada 2017 setelah pendirinya, Eunike Nugroho dan Jenny Kartawinata, memperoleh pendidikan melukis tumbuhan dari luar negeri.

“Dengan inisiatif dari beberapa anggota, akhirnya berdirilah IDSBA pada 20 November 2017,” tambah pria yang juga menjabat sebagai penanggung jawab pameran di IDSBA itu.

Lain halnya dengan kisah Sadikin, pemilik Galeri Sadikin Pard, anggota dari Association of Mouth and Foot Painting Artists (AMFPA). Sadikin merupakan penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan melukis menggunakan kedua kakinya.

Sadikin menjelaskan bahwa ia telah dua kali diundang di acara Tong Tong Night Market yakni pada 2022 dan 2023.

“Galeri ini milik saya. Tujuannya untuk memamerkan hasil karya lukis saya. Semua saya lukis menggunakan kaki,” tutur pria 50 tahun itu.

Pria asli Kota Malang itu berharap, masyarakat harus tahu bahwa kemampuan para difabel sebenarnya sama dengan manusia normal.

“Selama acara ini saya sudah mempersembahkan satu lukisan taman Jalan Cerme yang merupakan kolaborasi dari seniman tangan dan manajer Shalimar Hotel. Rencananya, lukisannya akan diletakkan di dalam hotel,” imbuh Sadikin. (Rafif Rayhaan R.)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: