Prabowo Ajak PSI, PKB Jaga Posisi

Prabowo Ajak PSI, PKB Jaga Posisi

Salam Silang Prabowo Subianto dan pentolan PSI Giring Ganesha, Grace Natalie, dan Raja Juli Antoni.-Dokumentasi Gerindra-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kedatangan Prabowo Subianto ke markas DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) cukup bikin heboh. Calon presiden dari Partai Gerindra itu pun disambut hangat oleh elite PSI. Bahkan sempat salam silang dengan Ketua Umum PSI Giring Ganesha dan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie. 

Kunjungan ini tentu cukup mengejutkan. Mengingat partai yang baru berusia 8 tahun itu belakangan dikabarkan mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres. Apalagi, capres PDIP itu meraih posisi teratas dalam jajak pendapat capres PSI pada akhir tahun lalu.

Namun, kabar tersebut seolah dibantah oleh salam silang Prabowo Subianto dengan dua pentolan PSI. Ada pola yang mirip. DPP Gerindra bertandang ke markas PBB pada 24 Juli 2023. Persis sepekan kemudian, partai pimpinan Yusril Ihza Mahendra itu langsung mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo.

PSI pun senang dengan kedatangan Prabowo. Lebih dari itu, Grace bahkan merasa terhormat. Bahwa Prabowo mau mendatangi PSI yang kerap dianggap sebagai partai kecil.

"Kami kedatangan tamu kehormatan, seorang menteri pertahanan, seorang calon presiden yang disebut-sebut lembaga survei sebagai font runner capres 2024," kata Grace di kantor DPP PSI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, kemarin. Apalagi, PSI belum menduduki satu kursi pun di parlemen. Perolehan suara PSI hanya 1,8 persen di Pemilu 2019 silam.

Itulah kenapa, bagi Grace, PSI juga berisi ''anak-anak kecil'' dan anak ingusan. Tetapi, dia tersanjung Prabowo berkenan mendatangi. Sebab, imbuhnyi, ada kemungkinan di partai lain tidak begitu diterima.

"Kalau di tempat lain mungkin kita yang diminta ke sana, kalau perlu sambil merangkak," tandas Grace. Dia pun menilai Prabowo adalah tokoh yang rendah hati. Sebab, mau menerima siapa pun. Tidak peduli besar kecil sebuah partai.

Grace juga membeberkan arah dukungan PSI. Bahwa PSI akan mengikuti arahan Presiden Joko Widodo untuk Pemilu 2024. Yakni siapa pun yang berusaha melanjutkan program-program pemerintah dua periode belakangan.

Dari clue itu sudah cukup jelas. PSI tegak lurus dengan arahan Jokowi. Meski, Grace belum mau membeberkan namanya secara gamblang. "Tapi akhirnya ini sudah makin kelihatan tondo-tondonya, kira-kira begitu," tuturnyi.

BACA JUGA:Menhan Prabowo Subianto: Semua Babinsa akan Naik Trail

BACA JUGA:Prabowo Terharu Kembali Didukung PBB

Hal itu pun sempat diungkap Grace usai membuka Kopdarwil PSI Sulawesi Selatan di Hotel Aryaduta Makassar, Minggu, 30 Juli 2023. Bahwa penentuan dukungan di Pilpres bakal dibahas di Kopdarnas digelar di Jakarta pada 22 Agustus 2023. PSI akan mendengar aspirasi dari seluruh kader. 

Prabowo pun merasakan banyak kecocokan dengan PSI. Ketua umum Partai Gerindra itu turut mengajak PSI gabung ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Tentu bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan PBB.

Prabowo tak mempersoalkan besar kecilnya partai. Ia melihat PSI dalam sisi pandang yang lain. Yakni sebagai partai yang diisi oleh anak-anak muda idealis, punya cita-cita tinggi, dan berkomitmen terhadap persatuan bangsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: