Konsumsi Minyak Zaitun Tiap Hari Bisa Cegah Pikun

Konsumsi Minyak Zaitun Tiap Hari Bisa Cegah Pikun

Minyak Zaitun adalah jenis minyak nabati yang memiliki banyak sekali manfaat baik bagi tubuh kita -Pixabay/stevepb-

HARIAN DISWAY - Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi satu sendok minyak zaitun setiap hari dapat menurunkan risiko kematian akibat demensia.
 
Data dari Alzheimer's Indonesia mengungkapkan bahwa jumlah kasus demensia atau kepikunan di seluruh dunia mengalami peningkatan pesat. Hampir 50 juta orang didiagnosis menderita demensia. Sementara di Asia Pasifik mencapai 20,9 juta orang.
 
Pada 2016, terdapat sekitar 1,2 juta orang dengan demensia. Angka itu diperkirakan akan meningkat menjadi 2 juta orang pada 2030 dan 4 juta orang pada 2050.
 
 
"Studi kami memperkuat pedoman diet yang merekomendasikan minyak nabati, seperti minyak zaitun. Ternyata, hal itu tidak hanya mendukung kesehatan jantung tetapi juga berpotensi memperbaiki kesehatan otak," ucap Anne-Julie Tessie, peneliti di program postdoctoral di Institusi Ivy League.
 
Berdasar penelitian tersebut, para penderita demensia yang mengonsumsi lebih dari setengah sendok makan minyak zaitun setiap hari memiliki penurunan risiko kematian sebesar 28 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya sama sekali. Sedangkan mengonsumsi satu sendok teh margarin atau mayonais menunjukkan penurunan risiko kematian sebesar 8 persen. Namun, risiko itu dapat meningkat hingga 14 persen jika mengonsumsi minyak zaitun.
 
Demensia saat ini menempati urutan ke-7 sebagai penyebab kematian di dunia. Juga merupakan penyebab utama kecacatan dan ketergantungan di kalangan lansia secara global. Itu menurut data World Health Organization.
 
Hasil penelitian itu memberikan harapan bahwa dengan gaya hidup dan diet yang lebih sehat, termasuk menambahkan minyak zaitun dalam makanan sehari-hari, kita dapat membantu mencegah penyakit demensia dan jenis-jenis penyakit lainnya. Minyak zaitun memang dijadikan bahan dasar dalam makanan diet, seperti salad.
 
Sebelumnya, penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, minyak zaitun juga merupakan komponen utama dari diet Mediterania yang terbukti efektif menurunkan risiko penyakit kardiovaskular hingga 24-25 persen terutama untuk penyakit jantung koroner.
 
Tessier juga menjelaskan bahwa temuan itu tidak menyatakan bahwa mengonsumsi minyak zaitun adalah satu-satunya cara untuk menurunkan risiko demensia. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan jumlah pasti minyak zaitun yang harus dikonsumsi agar orang dapat merasakan manfaat kesehatannya secara optimal. (Riviera Michelle)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: