Penyaluran Bantuan Pangan ke Papua Tengah Berjalan Lancar

Penyaluran Bantuan Pangan ke Papua Tengah Berjalan Lancar

Petugas dikawal personil TNI menurunkan bantuan pangan di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Papua Tengah pada Jumat, 4 Agustus 2023-BNPB-

TIMIKA, HARIAN DISWAY - Sejak bantuan pangan dan obat-obatan paket pertama tiba di distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah pada Kamis, 3 Agustus 2023, distribusi bantuan masih terus berlangsung. 

Pusdalops BNPB pada Jumat, 4 Agustus 2023 melaporkan bahwa pengiriman bantuan kemanusiaan bagi warga terdampak bencana kekeringan dan cuaca dingin ekstrem di Kabupaten Puncak, berjalan lancar seiring cuaca yang berangsur membaik. 

Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari mengungkapkan, membaiknya cuaca turut serta memperlancar pendistribusian yang hanya bisa dilakukan melalui jalur udara.


Paket bantuan di Bandara Distrik Sinak, Puncak, Papua Tengah-BNPB-

BACA JUGA:Bantuan Pangan Tiba di Kabupaten Puncak, Papua Tengah

Faktor cuaca memang menjadi kendala utama dalam proses pengiriman bantuan logistik dan peralatan tersebut. 

“Sebab, lokasi terdampak bencana berada di atas pegunungan dan hanya dapat dijangkau dengan moda transportasi udara,” kata Muhari lewat keterangan resmi, Jumat, 4 Agustus 2023. 

Sebelumnya, bantuan sudah tiba dari Jakarta ke Bandara Timika pada Rabu, 2 Agustus 2023. Namun, pendistribusian tertunda hingga keesokan harinya.  

Sesuai rencana, bantuan dari Pemerintah Pusat untuk warga terdampak akan kembali diterbangkan dari Bandara Mozes Kilangin, Timika, menuju Distrik Sinak menggunakan pesawat Cessna 208 Caravan dengan daya angkut maksimal 1 ton.

BACA JUGA:Serahkan Bantuan ke Warga Puncak, Muhadjir: Kami Diperintah Presiden Langsung

Distrik Sinak mendapat bantuan logistik dan peralatan sebanyak 2,2 ton dengan dua kali sortie pengiriman per harinya. 

Adapun bantuan berupa logistik dan peralatan juga akan diberikan melalui Bandara Agandugume dengan total berat 3,3 ton. 


Bantuan pangan untuk warga terdampak di Kabupaten Puncak, Papua Tengah-BNPB-

Distrik Agandugume menjadi salah satu wilayah terdampak paling bencana cuaca ekstrim. Diharapkan melalui Bandara Agandugume, maka bantuan segera dapat dirasakan oleh warga yang membutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: