Serahkan Bantuan ke Warga Puncak, Muhadjir: Kami Diperintah Presiden Langsung

Serahkan Bantuan ke Warga Puncak, Muhadjir: Kami Diperintah Presiden Langsung

Kepala BNPB dan Menko PMK Muhadjir Effendi disambut warga di Bandara Distrik Sinak, Puncak, Papua Tengah Kamis siang, 3 Agustus 2023-BNPB-

HARIAN DISWAY - Paket bantuan pangan dan peralatan pertama mendarat di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, Kamis, 3 Agustus 2023. 

Bantuan diserahkan langsung oleh Menko PMK Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. Pendaratan bantuan yang diangkut dengan pesawatn Cessna Caravan 208 tersebut disambut antusias oleh warga yang berkumpul di Bandara Distrik Sinak. 

Pada kesempatan itu, Menko PMK yang didampingi Kepala BNPB menyampaikan bahwa kehadiran mereka berdua beserta rombongan adalah perintah langsung dari Presiden Joko Widodo untuk menyampaikan langsung bantuan untuk seluruh warga terdampak di Kabupaten Puncak.


Antusiasme warga Kabupaten Puncak menunggu bantuan di Bandara Distrik Sinak, Papua Tengah-BNPB-

BACA JUGA:Bantuan Pangan Tiba di Kabupaten Puncak, Papua Tengah

“Saya datang ke sini bersama Kepala BNPB mendapatkan pesan dari bapak Presiden, Bapak Joko Widodo. Saya diperintahkan untuk berkunjung kepada mama-mama dan papa-papa di sini,” jelas Muhadjir pada warga. 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut juga menyampaikan keprihatinan Presiden Jokowi atas musibah yang melanda 3 distrik di Kabupaten Puncak tersebut. “Saya diperintah bersama Kepala BNPB melalui Bupati Puncak untuk membawa bantuan,” Imbuhnya. 

Menurut data terbaru BNPB, bencana kekeringan dan cuaca dingin ekstrem yang berdampak kepada kurang lebih 7.500 jiwa di Distrik Sinak, Distrik Agandugume dan Distrik Lambewi. kekeringan dipicu oleh gagal panen sehingga warga susah mendapatkan bahan makanan. 

BACA JUGA:Pengiriman Bantuan ke Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua, Terkendala Cuaca


Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto menyerahkan bantuan secara simbolis pada warga Kabupaten Puncak, Papua Tengah-BNPB-

Kondisi tersebut telah mendapatkan atensi dari Presiden RI. Oleh sebab itu, Pesiden memerintahkan langsung kepada Menko PMK dan Kepala BNPB, agar Pemerintah Pusat segera turun ke lapangan memberikan dukungan.

Pada kesempatan itu, Menko PMK juga menyampaikan ihwal rencana pembangunan lumbung pangan sebagai solusi jangka panjang untuk mengantisipasi potensi bencana serupa di kemudian hari. 

Demi terealisasinya rencana itu, Menko PMK mengajak kepada seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga persaudaraan, keamanan dan persatuan.

BACA JUGA:Kekeringan di Puncak, BNPB-TNI Mobilisasi Bantuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: