Bantuan Pangan Tiba di Kabupaten Puncak, Papua Tengah

Bantuan Pangan Tiba di Kabupaten Puncak, Papua Tengah

Warga terdampak kekeringan di Papua Tengah menerima bantuan di Bandara Distrik Sinak, Papua Tengah-BNPB-

HARIAN DISWAY - Setelah sempat tertunda sehari akibat cuaca buruk, bantuan pangan dari pemerintah untuk warga terdampak kekeringan akhirnya tiba di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah Kamis siang 3 Agustus 2023. 

Bantuan diangkut dalam 2 unit pesawat Cessna 208 Caravan. Rombongan pemerintah dipimpin oleh Menko PMK Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. Pesawat mendarat di Bandara Distrik Sinak, Kabupaten Puncak

Rombongan pembawa bantuan pangan terbang dari Bandara Mozes Kilangin, Timika selama kurang lebih 50 menit. Dua pejabat tinggi negara tersebut turun dan langsung disambut puluhan warga yang telah menunggu dari pagi.

BACA JUGA:Kekeringan di Papua, Menko PMK Usul Dibangun Lumbung Pangan

Seperti yang direncanakan sebelumnya, kehadiran Kepala BNPB dan Menko PMK di Distrik Sinak itu guna melihat langsung kondisi warga sekaligus mengantarkan dukungan dan bantuan dari Pemerintah Pusat untuk meringankan beban mereka yang terdampak bencana kekeringan dan cuaca dingin ekstrem.

Bantuan pangan yang dibawa berupa sembako, beras, kasur lipat, genset listrik, makanan, perlengkapan keluarga, hingga mainan anak-anak itu diberikan langsung dari tangan Kepala BNPB dan Menko PMK kepada warga yang hadir. 

Warga yang menunggu di Bandara terlihat senang menerima bantuan tersebut. Anak-anak pun terlihat begitu antusias meraih mainan dan makanan ringan yang dibagikan secara merata.

BACA JUGA:Bantuan Untuk Warga Terdampak Kekeringan Tiba di Bandara Timika, Papua

“Tuhan memberkati!,” teriak para warga disusul tepuk tangan dari seluruh yang hadir.

Pemerintah menyiapkan paket  bantuan yang diterbangkan langsung dari Jakarta meliputi beras seberat total 50 ton, makanan siap saji 10.000 kantong, rendang kemasan 3.000 kantong, susu protein 3.000 kantong serta 3.000 paket sembako. 

Selain pangan, diberikan juga peralatan peralatan meliputi tenda gulung 2.000 buah, selimut 10.000 buah, matras 2.000 buah, kasur lipat 2.000 buah, pakaian anak 2.000 buah, pakaian dewasa 2.000 buah, tenda pengungsi 4 unit, genset listrik 20 unit dan motor trail 3 unit.

BACA JUGA:Kekeringan di Puncak, BNPB-TNI Mobilisasi Bantuan

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebut, karena kondisi medan dan topografi wilayah terdampak yang sangat sulit ditembus menggunakan transportasi darat, maka bantuan itu akan dikirimkan secara berkala menggunakan pesawat Cessna 208 Caravan dengan daya angkut maksimal 900 kilogram.

Kepala BNPB Suharyanto memastikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk membantu warga terdampak, baik dari logistik dan peralatan hingga pendistribusiannya. Melalui dukungan tersebut, Kepala BNPB juga meyakinkan kepada masyarakat yang terdampak bahwa seluruh kebutuhan logistik akan dipenuhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: