Barbie Capai USD 1 M di Box Office Global, Greta Gerwig Catat Sejarah Besar

Barbie Capai USD 1 M di Box Office Global, Greta Gerwig Catat Sejarah Besar

Margot Robbie sebagai Barbie.-Warner Bros.-

HARIAN DISWAY – Hanya 17 hari setelah dirilis di bioskop, film Barbie mencatat prestasi luar biasa. Film yang dibintangi Margot Robbie itu mengumpulkan pendapatan USD 1 miliar di box office global. Atau setara dengan Rp 15,17 triliun.

Itu menjadikan Greta Gerwig sebagai sutradara perempuan pertama yang karya solonya menyentuh milestone USD 1 miliar. Sebelumnya, sutradara cewek yang filmnya mencatat pendapatan tertinggi adalah Patty Jenkins. Yakni lewat Wonder Woman (2017), yang membukukan total USD 822,8 juta (sekitar Rp 12,48 triliun). Itu pun setelah diputar selama dua bulan di layar lebar.  

BACA JUGA: Barbie dan Oppenheimer Kuasai Box Office di Pekan Kedua

Barbie, di sisi lain, kurang dari tiga pekan sudah mengumpulkan USD 1,031 miliar. Atau sekitar Rp 15,65 triliun. Rinciannya, USD 459,4 juta dari pasar AS dan Kanada (itu setara dengan Rp 6,97 triliun). Dan USD 572,1 juta dari pasar internasional (atau sekitar Rp 8,7 triliun).

’’Aku sudah menyelami bidang ini selama 30 tahun. Fenomena Barbie dan Barbenheimer ini sangatlah tidak terprediksi. Dan belum pernah terjadi sebelumnya,’’ papar Paul Dergarabedian, analis media senior Comscore, seperti dikutip CNN.

BACA JUGA: Barbie Langsung Kalahkan Oppenheimer di Pembukaan Box Office Amerika Utara

Menurut Paul Dergarabedian, hanya 50 film dalam sejarah yang mencapai pendapatan USD 1 miliar. Menurutnya, marketing yang digeber Warner Bros. menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan. Mereka berani rilis pada hari yang sama dengan blockbuster Christopher Nolan, Oppenheimer. Dan malah membuat kampanye yang keren dari situasi itu.

’’Kampanye marketing Barbie menciptakan rangkaian kejadian yang mengarah pada istilah Barbenheimer. Gara-gara dirilis berbarengan dengan Oppenheimer. Saat itulah kita semua tahu, sesuatu yang sangat spesial dan unik sedang terjadi,’’ papar Dergarabedian.

’’Kehebohan itu menjadi salah satu kunci dari segala hasil positif yang diperoleh film ini. Tidak hanya saat opening weekend saja. Tapi bertahan hingga berpekan-pekan kemudian di seluruh dunia,’’ lanjutnya.

BACA JUGA: Intip Promosi Film Barbie yang Nggak Biasa!

Dalam sebuah wawancara dengan Collider bulan lalu, Margot Robbie—yang juga produser Barbie—mengungkapkan firasat bahwa film ini bakal mencapai sukses besar-besaran.

’’Kayaknya aku menjanjikan ke Warner Bros. bahwa film ini akan menghasilkan USD 1 miliar,’’ ungkap Margot Robbie, menceritakan pertemuan dia dan Greta Gerwig bersama studio. ’’Saat itu, mungkin aku melebih-lebihkan. Tapi kami memang harus meyakinkan mereka,’’ tambah dia.  

Di luar Amerika Utara, penghasilan terbesar Barbie disumbang oleh pasar Inggris, Meksiko, dan Australia. Di Tiongkok juga laris. Padahal boneka Barbie tidak terlalu populer di sana.

Barbie dibintangi Margot Robbie, Ryan Gosling, America Fererra, dan Will Ferrell. Sementara itu, Dua Lipa, Kate McKinnon, Emma Mackie, Issa Rae, Simu Liu, dan Ncuti Gatwa memerankan berbagai variasi Barbie dan Ken. Barbie masih tayang di bioskop, lho. Kalian sudah nonton? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: