Tiongkok Kaji Alarm Gempa di Ponsel

Tiongkok Kaji Alarm Gempa di Ponsel

ORANG-ORANG KETAKUTAN berkumpul di tepi jalan di kota Dezhou, Provinsi Shandong, Minggu, 6 Agustus 2023.-AGENCE FRANCE-PRESSE-

BEIJING, HARIAN DISWAY – Alarm gempa bumi memang sudah ada di berbagai telepon pintar di Tiongkok. Tetapi, penggunaannya masih ribet. Pemilik masih harus mengaktifkannya secara manual. Itulah yang sedang dikaji oleh pemerintah Tiongkok berdasar informasi dari staf layanan pelanggan berbagai merek ponsel.

 

Fungsi itu aktif pada telepon warga di Provinsi Shandong, Minggu, 6 Agustus 2023. Ketika itu, provinsi tersebut diguncang gempa 5,5 magnitudo. Akibatnya, sebanyak 30 orang luka ringan. Utilitas dan transportasi terganggu.

 

Lewat media sosial, banyak orang mengaku terbangun dari tidur. Sebab, ada suara keras dan sinyal cahaya dari telepon mereka. Ternyata, itulah alarm gempa bumi.

 

Lewat alarm itu, mereka bisa tahu pusat gempa, kedalaman, magnitude, hingga intensitas di sekitar tempat tinggal mereka. Peringatan juga berisi hitungan mundur kapan gelombang seismik diperkirakan akan datang. Ketika hitungan mundur mencapai nol, getaran mulai terasa.

 

BACA JUGA : Gempabumi Picu Alarm Tsunami di Alaska, Tidak Berdampak Ke Wilayah Indonesia

BACA JUGA : Gempa Ekuador, Tewaskan 15 Orang dan Ratusan Lainnya Terluka

 

Tetapi, ada juga orang yang sama sekali tidak merasakan getaran. Mereka tidur seperti biasa. Sehingga, mereka terkejut dan bingung ketika menonton berita. Juga ketika melihat notifikasi alarm gempa bumi dan topik tren di berbagai media sosial.

 

Fungsi peringatan gempa bumi bekerja dengan memanfaatkan celah waktu antara dua jenis gelombang seismik. Sistem itu menerima gelombang seismik vertikal yang lebih cepat tapi berkekuatan kecil. Lalu menghitung parameter terkait, dan mengirimkan peringatan instan kepada pengguna. Tujuannya, agar warga bisa segera berlindung.

 

Setelah itu, ada hitungan mundur sebelum gelombang horizontal—yang lebih lambat tapi merusak—tiba. Rentang waktu itu biasanya sekitar beberapa detik hingga satu menit. Bergantung pada jarak antara lokasi penerima dengan pusat gempa.

 

BACA JUGA : Usai Gempa Susulan Turkiye, Korban Jiwa Bertambah jadi 41.156

 

Merek-merek ponsel dalam negeri Tiongkok yang menggunakan sistem Android asli atau dimodifikasi, seperti Xiaomi, Huawei, Oppo, dan Vivo, semuanya memiliki fitur peringatan bawaan. Sebab, mereka bekerja sama dengan sistem yang dikembangkan oleh Institute of Care-Life di Chengdu, Provinsi Sichuan. Namun, terkadang fitur itu tidak diaktifkan secara default. Sehingga pengguna harus mengaktifkannya secara manual dalam pengaturan.

 

Pengguna iPhone, di sisi lain, harus mengunduh aplikasi peringatan gempa bumi di AppStore. Sebab, fungsi bawaan di iPhone tidak terhubung dengan penyedia data. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: