Dahsyat, Merah Putih 78 Meter di Laut Makassar

Dahsyat, Merah Putih 78 Meter di Laut Makassar

MASJID 99 KUBAH menjadi latar belakang aksi peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Makassar, Sabtu, 12 Agustus 2023.-Muchtamir Zaide-AFP-

MAKASSAR, HARIAN DISWAY – Ekspresi patriotisme memang bisa mewujud menjadi apa pun. Esensinya adalah perjuangan. Juga kebersamaan. Dalam mengusung simbol-simbol kebangsaan. Itulah yang dilakukan oleh sejumlah komunitas di Makassar, Sabtu, 12 Agustus 2023. Mereka membentangkan bendera Merah Putih di laut. Panjangnya 78 meter.

 

Dilansir oleh kantor berita Agence France-Presse, bendera Merah Putih itu meliuk di air. Dengan latar belakang cakrawala kota Makassar. Plus beberapa ikonnya. Salah satunya adalah Masjid 99 Kubah.

 

Adalah 140 perenang yang mengusung bendera tersebut. Mereka berangkat dari Dermaga Polair Polda Sulsel menuju Pulau Gusung.

 


LIUKAN MERAH PUTIH di perairan Makassar dalam aksi memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Sabtu, 12 Agustus 2023.-Muchtamir Zaide-AFP-

 

Usia para perenang itu beragam. Yang paling muda 6 tahun. Paling sepuh 70 tahun. Selain dari Makassar dan sekitarnya, ada juga turis AS yang ikut membawa bendera. Mereka bersatu melawan derasnya arus menempuh jarak lebih dari dua kilometer.

 

Angka 78 tersebut pasti bukan kebetulan. Karena kegiatan yang diprakarsai Makassar Watersport Community tersebut memang untuk merayakan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

 

BACA JUGA : Teatrikal Perobekan Bendera Satukan Komunitas-Komunitas Seni di Surabaya

BACA JUGA : Pembagian 77 Ribu Bendera Gratis, Agar Merah Putih kembali Berkibar di Rumah-Rumah

 

Mereka pun tidak sekadar mencemplungkan diri ke laut. Sebab, event tersebut terpantau oleh Basarnas, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar, serta Polair Polda Sulsel.

 

Di perairan itu, mereka membuktikan bahwa perbedaan usia bukan halaman. Derasnya arus bukan hambatan. Batas geografis bukan masalah. Semuanya demi kegembiraan menyongsong peringatan Proklamasi Kemerdekaan… (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: