Desa Moncek Tengah Sumenep, Tempat Asal Bunyi Misterius Dinyatakan Aman

Desa Moncek Tengah Sumenep, Tempat Asal Bunyi Misterius Dinyatakan Aman

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto-BPBD Jatim -

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Tim penyelidik suara misterius di Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep telah menyelesaikan tugas mereka. 

Laporan tim gabungan dari BPBD Jatim, BMKG, dan ahli geologi menyimpulkan bahwa bunyi misterius yang didengar oleh warga Moncek Tengah berasal dari gerakan sungai bawah tanah. 

Tim bekerja selama dua hari mulai dari Minggu, 13 hingga Senin, 14 Agustus 2023. Dari rekaman dan analisa data, BMKG menyimpulkan bahwa struktur bawah tanah dari desa di ujung timur Pulau Madura tersebut terdiri dari lapisan karst.

BACA JUGA:Tim Penyelidik Suara Misterius Sumenep Laporkan Hasil Temuan Besok

Struktur karst terbentuk dari konsentrasi batuan kapur di bawah tanah. Batuan tersebut dari waktu ke waktu tergerus oleh air yang meresap ke tanah sehingga menghasilkan karakter batuan yang berpori. 

Sementara, bunyi dari dalam bumi yang timbul, disinyalir akibat adanya aliran sungai di bawah permukaan tanah. Saat ini, BPBD Jatim yang berada di lokasi tersebut menilai tempat itu aman. 

Sehingga, lima keluarga yang sebelumnya dievakuasi sudah dikembalikan ke rumah mereka. “Sudah kembali mas. Lengkapnya ke BMKG ya,” kata Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, saat dihubungi Harian Disway melalui pesan singkat Selasa, 15 Agustus 2023. 

BACA JUGA:Bunyi Misterius Di Bawah Bumi Sumenep, Amien Widodo: Kemungkinan Jaringan Gua Bawah Tanah

Sebelumnya, ada 5 kepala keluarga yang diungsikan karena mereka tinggal tepat di atas lokasi terdengarnya suara ketukan misterius di bawah tanah. 

Suara-suara tersebut telah di dengar oleh warga sejak seminggu terakhir namun semakin keras dan kentara pada Sabtu, 12 Agustus 2023 lalu.(Michael Fredy Yacob)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: