Kaesang Menang Lomba Pakaian Adat Nusantara, Kostumnya Penuh Tengkorak dan Tulang Belulang!

Kaesang Menang Lomba Pakaian Adat Nusantara, Kostumnya Penuh Tengkorak dan Tulang Belulang!

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono mengenakan pakaian adat Kawasaran Suku Minahasa saat upacara peringatan Detik-Detik Kemerdekaan 17 Agustus di Istana Negara -Instagram Kaesang Pangarep -

JAKARTA, HARIAN DISWAY-Ada yang beda dari upacara peringatan Detik-Detik Kemerdekaan 17 Agustus di Istana Negara kali ini.

Yakni perlombaan pakaian adat dari seluruh peserta. Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep pun keluar sebagai juara.

Pria 28 tahun itu tampil menawan bersama sang istri, Erina Gudono.

BACA JUGA:Lilly Wenda, Anggota Paskibra Asal Papua, Menangis Haru Terpilih Jadi Pembawa Baki Bendera

Bahkan pernak-pernik pakaian mereka cukup mencuri perhatian lantaran penuh tengkorak dan tulang belulang hewan di seluruh bagian tubuh.

Ya, itulah pakaian adat dari Minahasa: Kawasaran. Itulah tradisi leluhur Suku Minahasa, Sulawesi Utara. Yang juga merupakan tarian ksatria Minahasa: Waraney.


KOSTUM KAWASARAN : Kaesang dan Sri Mulyani berpose bersama pemenang baju adat terbaik pada Upacara Peringatan HUT RI Ke-78 di Istana Merdeka, Kamis, 17 Agustus 2023-Sekretariat Presiden -
Bagian dasar bajunya terdiri darj kayu alam yang diikat dengan tenun pampele. Dipadu-padankan dengan tenun kaiwu patola.

BACA JUGA:Upacara HUT RI ke-78, Presiden RI Kenakan Baju Adat Raja Pakubuwono Surakarta

Tentu saja aksesoris horor yang dikenakan Kaesang tidak terbuat dari tulang belulang hewan asli.

Tata busana hingga aksesorisnya memang dibuat dengan mengacu pada sustainable fashion

Mulai dari taring dan bulu di bagian mahkota, maupun kalung dan tulang belulang di kalung lehernya, semuanya adalah bahan sintesis.

"Kami memakai baju Kawasaran sebagai penghormatan kepada para Waraney," tulis Kaesang di akun instagramnya, Kamis, 17 Agustus 2023.

Tentu itu dimaknai dengan melanjutkan perjuangan para ksatria Kawarasan. Demi memajukan bangsa Indonesia yang kaya keberagaman.

Kaesang pun mendapat nomor 5 terbaik dalam lomba busana pada upacara peringatan Detik-Detik Kemerdekaan 17 Agustus di Istana Negara. Hadiahnya sepeda, pemberian langsung dari Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: