Patung Kelinci Raksasa Karya Kaws Mejeng di Komplek Candi Prambanan

Patung Kelinci Raksasa Karya Kaws Mejeng di Komplek Candi Prambanan

Patung kelinci karya Kaws yang berada di kompleks Candi Prambanan.-@kaws-instagram

HARIAN DISWAY – Patung raksasa berbentuk boneka kelinci dengan warna merah jambu yang dikombinasikan dengan warna putih dan hitam nampak di sekitaran komplek Candi Prambanan, Yogyakarta, pada 18 Agustus 2023.

Posisi patung itu terlihat merebahkan tubuh dengan kedua lutut yang ditekuk dan kedua telapak tangan yang menutupi mata.

Patung tersebut adalah karya dari desainer dan seniman kontemporer Amerika Serikat Brian Donnelly atau yang dikenal dengan nama beken Kaws. 

Kaws dikenal dengan kesenian lukisan patung 2D maupun 3D dengan gaya khas mata tercoret atau X-ed eyes out. Tidak terkecuali patung kelinci rebah di dekat Candi Prambanan tersebut juga menutupi dua mata dengan tangan tetap dengan tanda x di punggung tangan.  

BACA JUGA:Pembangunan Patung Soekarno di Bandung Telan Rp 10 T

BACA JUGA:Arsenal Persembahkan Patung Arsene Wenger di Emirates Stadium

Bukan tanpa alasan patung menggemaskan bernama Accomplice itu mejeng di salah satu situs warisan dunia UNESCO tersebut. Hal itu dilakukan dalam rangka persiapan acara 'Kaws Holiday Indonesia' yang tengah ia kerjakan.

Walaupun belum ada keterangan resmi berapa harga tiket yang dijual, event yang didukung oleh AllRightsReserved itu akan mulai dibuka pada 19 hingga 31 Agustus 2023 mulai pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore.


Patung karya Kaws di komplek Candi Prambanan jika dipotret dari angle lain-@kaws-instagram

Dalam berbagai karyanya yang khas dengan pola mata ‘XX’, Kaws telah berkolaborasi dengan brand fashion raksasa seperti Uniqlo, Dior, Nike, Marc Jacobs, A Bathing Ape, Comme Des Garcons, Undercover, dan Vans.

Sedangkan untuk brand dari serial animasi Kaws telah menjalin kolaborasi dengan The Simpsons, Snoopy, Mickey Mouse, Family Guy, Michelin Man, Moonman Video Awards MTV, The Smurfs, Spongebob Squarepants, dan Sesame Street.

BACA JUGA:Patung Buddha Mudra Vitarka di Tunjungan Plaza 3 Ini Catat Rekor MURI

BACA JUGA:Makin Progresif, Arab Saudi Perbolehkan Pameran Seni Patung

Banyak dari karyanya yang telah dipajang permanen di Brooklyn Museum, Museum of Modern Art New York, Museum of Contemporary Art San Diego, One Campus Martius di Detroit, dan Modern Art Museum of Forth Worth.

Bahkan mainan buatannya dijual dengan harga yang beragam mulai dari action figure kecil seharga Rp 5 juta sampai yang paling mahal yakni 10 ribu poundsterling atau Rp 180 juta pun ada.(Rachmaddani Rizky Saputra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: instagram @kaws