KM Dewi Noor Tenggelam di Kepulauan Seribu, 3 Korban Masih Dalam Pencarian

KM Dewi Noor Tenggelam di Kepulauan Seribu, 3 Korban Masih Dalam Pencarian

KAPAL TENGGELAM DI KEPULAUAN SERIBU: Tim SAR Gabungan Jakarta mengevakuasi jenazah dari ABK KM Dewi Noor 1 yang tenggelam di perairan pulau Seba di Kepulaun Seribu DKI Jakarta Sabtu, 18 Agustus 2023-Kantor SAR Jakarta-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Kantor SAR Jakarta menerima laporan darurat dari kapal KM Dewi Noor 1 di perairan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta pada Sabtu dini hari, 19 Agustus 2023 pukul 01.00 WIB. 

KM Dewi Noor 1 diketahui memuat material bangunan dan belasan orang penumpang. 

Kapal tersebut mengirimkan panggilan darurat (distress call) sekitar pukul 01.00 WIB yang mengabarkan bahwa kapal mengalami kerusakan dan terancam tenggelam.  

Pada pukul 03.30 WIB kondisi kapal sudah semakin parah. Saat itu diketahui KM Dewi Noor 1 berada di perairan antara Timur Pulau Untung Jawa dan Pulau Pari.

BACA JUGA:Tingkatan Bahaya Gelombang Pada Kapal Menurut Tuntunan BMKG

Kapal Tongkang (TB) Mitra Jaya 21 yang sedang berlayar di sekitar area segera mendekat untuk memberikan pertolongan. Pada Sabtu sekitar pukul 04.30 WIB, kapal dinyatakan tenggelam. 

Tim SAR gabungan  yang tiba di lokasi berhasil menyelamatkan 12 dari 15 penumpang kapal. Operasi penyelamatan dilakukan dengan Kapal Patroli milik Polair dan dibantu Kapal Tongkang TB Mitra Jaya 21. 

"Personil kami dari Kantor SAR Jakarta akan bergabung dengan unsur yang sudah ada di lokasi untuk melakukan pencarian terhadap 3 (tiga) orang yang belum ditemukan," tegas Kepala Kantor SAR Jakarta Fazzli. 

Pria yang juga menjabat sebagai SMC (SAR Mission Coordinator) dalam operasi SAR KM Dewi Noor tersebut menegaskan bahwa 11 orang dievakuasi dalam keadaan selamat. 

Sementara 1 orang kondisi meninggal dunia yang kemudian dievakuasi menuju RS Polri Kramat Jati untuk proses selanjutnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: