Kebakaran Hutan Dahsyat Melanda Kanada, Puluhan Ribu Warga Terancam

Kebakaran Hutan Dahsyat Melanda Kanada, Puluhan Ribu Warga Terancam

Warga McDougall Creek memotret kebakaran hutan yang melahap perbukitan di West Kelowna, British Columbia, Kanada.-Darren Hull-AFP-

SHUSWAP, HARIAN DISWAY – Dua kebakaran hutan besar yang dahsyat terjadi di Provinsi British Columbia, Kanada, Sabtu malam, 19 Agustus 2023. Kebakaran itu bergabung, menjadi satu kebakaran besar yang mengancam kota dan memaksa evakuasi ribuan warga.

 

Menurut kantor berita Agence France-Presse, api kini mengancam 3.500 rumah di kota Shuswap. Total puluhan ribu penduduk kini sudah diperintah untuk meninggalkan tempat tinggal mereka.

 

Dengan angin utara terus mengembuskan api, dua kebakaran besar di wilayah tersebut bergabung dalam semalam. Menghancurkan beberapa struktur di daerah yang populer dikunjungi oleh wisatawan.

 

Provinsi itu langsung mengeluarkan status darurat bencana. Sebanyak 30 ribu orang telah diperintahkan untuk mengungsi. Sedangkan 36 ribu lainnya diinstruksikan untuk bersiap-siap meninggalkan tempat jika diperlukan.

 

Bowinn Ma, menteri manajemen darurat British Columbia, menekankan seriusnya perintah evakuasi tersebut. "Ini masalah hidup dan mati," katanya.

 

BACA JUGA : Kebakaran Hawaii Tewaskan 93 Orang, Terburuk dalam Sejarah Amerika

 

Yang nyawanya terancam bukan cuma penduduk. Tetapi juga petugas yang harus masuk ke zona bahaya untuk meyakinkan warga yang enggan pergi.

 


Api berkobar di perbukitan kawasan West Kelowna, British Columbia, Kanada.-Darren Hull-AFP-

 

Wilayah Northwest Territories Kanada, di utara British Columbia, juga menghadapi ancaman kebakaran. Ibu kota wilayah tersebut, Yellowknife, telah dikelilingi oleh kebakaran hutan selama beberapa hari. Hampir semua penduduk kota, sekitar 20 ribu orang, lari.

 

Untung hujan sempat turun sebentar pada Sabtu, 19 Agustus 2023. Suhu sedikit turun. Namun, wilayah itu tetap terancam kebakaran pada awal pekan ini.

 

BACA JUGA : Kebakaran Hutan Merembet Ke Pemukiman di Hawaii, Warga Kota Semburat Menyelamatkan Diri

 

Shane Thompson, menteri lingkungan hidup untuk Northwest Territories, minta warga tidak ngotot. Memang, nyala api mungkin tidak terlihat. Hanya kepulan asap yang membubung tinggi. ’’Tetapi, kebakaran itu aktif dan sangat besar,’’ ucap Thompson.

 

Kebakaran hutan di Kanada itu memecahkan rekor. Lahan yang dijilat api sudah mencapai lebih dari 14 juta hektare. Kira-kira seluas Yunani. Dan empat orang meninggal karena bencana tersebut.

 

Para ilmuwan mengatakan bahwa pemanasan global yang disebabkan oleh manusia membuat bencana alam menjadi lebih sering terjadi dan lebih mematikan. (Doan Widhiandono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: