Merah Putih Pertama Surabaya Dikibarkan Dua Polisi Istimewa

Merah Putih Pertama Surabaya Dikibarkan Dua Polisi Istimewa

Aksi teatrikal Polisi Istimewa berkebangsaan Indonesia yang melindungi bendera Merah Putih di Markas Polisi Istimewa -Mohamad Nur Khotib -

Sebelumnya, kata Ady, Kabar Proklamasi Kemerdekaan kali pertama disampaikan oleh kantor berita Domei Jakarta lewat pemancar radio. Lalu ditangkap oleh pesawat penerima kantor berita Domei Cabang Surabaya pada 17 Agustus 1945 sekitar pukul 10.00 – 11.00.

Berita itu didapatkan dalam bentuk huruf morse. Bahkan langsung diterima dengan mesin tulis rangkap satu. Berita itu berbunyi : Bra djam 12.00 aug tg. 17 domeidjakarta = (proklamasi)

"Dengan menggunakan bahasa Madura, siaran radio Surabaya berhasil mengelabui Jepang dan menghindari sensor oleh Kempeitai, pasukan polisi militer Jepang," jelas Ady. Apalagi kala itu Jepang selalu menempatkan seseorang petugas yang mampu berbahasa Indonesia. 

Langkah cerdas inilah yang berhasil ditangkap oleh sebagian masyarakat Jawa Timur di Madura dan di kawasan tapal kuda. Seperti Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi. (Mohamad Nur Khotib)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: