TMC 2 Hari Hasilkan Beberapa Hujan Ringan, Baru Turun di Depok, Bogor, dan Tangsel

TMC 2 Hari Hasilkan Beberapa Hujan Ringan, Baru Turun di Depok, Bogor, dan Tangsel

TMC JABODETABEK : Citra radar cuaca BMKG menunjukkan pertumbuhan awan hujan di sekitaran wilayah selatan Jabodetabek yang dijadikan acuan operasi TMC pada 20 hingga 21 Agustus 2023 -BMKG/Lab TMC BRIN-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Tim Laboratorium Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) BRIN melakukan pembibitan awan hujan pada 20 hingga 21 Agustus 2023. 

Hasilnya, beberapa wilayah di sekitaran Jabodetabek melaporkan hujan ringan hingga sedang. 

Koordinator Lab Pengelolaan TMC BRIN Budi Harsoyo mengungkapkan, beberapa wilayah yang melaporkan hujan hingga 20 Agustus 2023 sampai pukul 20.30 WIB meliputi Depok, Jawa Barat yang terpantau gerimis. 

BACA JUGA:Hujan Bisa Luruhkan Polusi Udara, tapi Pertumbuhan Awan Hujan Kecil Sekali

Kemudian wilayah sebelah barat Rumpin dan timur Kabupaten Bogor sekitaran  Hambalang, Pos Meteorologi di Bogor terpantau gerimis, wilayah Ciomas Kabupaten Bogor terpantau hujan dengan durasi beberapa menit.

Kemudian wilayah Kecamatan Sawangan, Kota Depok terpantau hujan dengan intensitas ringan. Wilayah Cibinong terpantau Hujan dengan intensitas ringan. 

Wilayah Sentul terpantau hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Wilayah Tanah Sereal Bogor dengan intensitas ringan, wilayah Bogor Timur dengan intensitas ringan, Pakansari Bogor hujan sedang hingga lebat, 

Kemudian di selatan ada wilayah sekitar Jalan Puspitek Serpong dan sejumlah daerah di Tangerang Selatan hujan sedang. 

BACA JUGA:Sudah Terlambat Untuk Mendatangkan Hujan Buatan di Jakarta

“Jadi yang hujan baru wilayah Bogor, Depok dan Tangsel,” kata Budi Harsoyo. 

Budi mengatakan, operasional TMC akan dihentikan pada tanggal 21 Agustus 2023. Hal tersebut karena pertumbuhan awan hujan pada tanggal 22 dan 23 diperkirakan kecil.  

“Nanti akan dilanjutkan kembali mulai tanggal 24 Agustus mendatang. Posko dipindahkan ke Bandara Halim Perdanakusuma. Sebelumnya posko ada di Bandara Husein Sastranegara Bandung,” jelas Budi.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: