Delapan Orang Terjebak di Kereta Gantung

Delapan Orang Terjebak di Kereta Gantung

Upaya evakuasi penumpang kereta gantung oleh petugas.-Reuters-

PAKISTAN, HARIAN DISWAY- Sebanyak delapan orang, terdiri dari enam siswa dan dua orang dewasa, terjebak di dalam kereta gantung di Pakistan pada Selasa, 22 Agustus 2023. Setelah hampir seharian tersangkut di ketinggian 275 meter, para penumpang berhasil dievakuasi. 

Kejadian malang itu terjadi sekitar pukul 07.00 pagi waktu setempat. Enam anak menaiki kereta gantung gondola dalam perjalanan ke sekolah dan dua orang dewasa bersama mereka. Malangnya, kabel kereta gantung yang mereka tumpangi putus di tengah jalan. Mereka pun terkatung-katung di udara hampir seharian penuh dengan hembusan angin yang kencang.

Beberapa helikopter dikirim untuk mengeluarkan delapan penumpang kereta gantung itu. Ambulans juga siap siaga menunggu di lokasi. 

Seorang petugas keamanan, berkata kepada kantor berita Reuters, pasukan khusus yang terlatih dalam sling operation ikut terjun dalam operasi yang menegangkan dan berisiko ini.

BACA JUGA:Kapolda Jatim Tanam Pohon Pulai

BACA JUGA:Kapolda Jatim Ground Breaking Kantor Polri di Kawasan Industri dan Pelabuhan JIIPE

Sling operation adalah operasi udara yang bertugas memindahkan muatan besar di medan yang sulit secara geografis.

Militer Pakistan mengatakan jika upaya evakuasi itu tidak hanya rumit tapi sulit. Proses evakuasi ini telah menyita mata penduduk Pakistan bahkan dunia. 

Hal ini karena penyelamatan menggunakan helikopter berisiko tinggi. Angin kencang dan baling-baling helikopter berisiko memutus kabel gondola dan membuat kereta gantung tidak stabil. Tim penyelamat membutuhkan waktu 15 jam lebih untuk mengevakuasi seluruh penumpang.

Penyelamatan dramatis itu dimulai ketika petugas menarik seorang siswa keluar dari gondola. Terlihat satu kabel yang dilengkapi dengan kursi gantung itu berayun ke satu tempat ke tempat lainnya dalam keadaan langit gelap layaknya seperti bermain flying fox. Mereka pun ditarik turun ke darat dan kemudian bergegas menuju ambulans.

BACA JUGA:Polresta Malang Kota Bersama Komunitas Anak Bangsa Gelar Aksi Kemanusiaan

BACA JUGA:Ingin Tahu Rahasia Naikkan Omzet dan Level Bisnis Anda? Jawabannya Ada di Sekolah CEO 

Perdana Menteri Sementara Pakistan Anwaar-ul-Haq Kakar, berterima kasih kepada militer dan penyelamat lainnya atas keberhasilan tersebut. Beliau juga memuji aksi dramatis penyelamatan tim gabungan itu.

"Seluruh anak-anak berhasil dan dievakuasi dengan selamat. Kerja tim yang bagus oleh militer, departemen penyelamatan, dan pemerintah distrik serta warga lokal," ucap haru Kakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: