Catat Tanggalnya! Surabaya Fashion Parade 2023 segera Digelar dengan Tema

Catat Tanggalnya! Surabaya Fashion Parade 2023 segera Digelar dengan Tema

Para model dengan desain busana yang out of the box dalam tema Enigmatico. Tema itulah yang diusung dalam Surabaya Fashion Parade 2023.-Julian Romadhon-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Surabaya Fashion Parade akan kembali digelar. Event pertama akan diadakan pada 7 September dan berakhir pada 10 September 2023.

Telah enam belas tahun parade itu berjalan. Kali ini, mereka mengangkat tema Enigmatico. Enigmatico mengacu pada kata enigma. Para desainer dalam Surabaya Fashion Parade akan diajak untuk membuat karya yang out of the box.

"Mulai dari mencocokkan potongan kain, warna, bahan dan inspirasi yang tidak biasa," ujar Dian Apriliana Dewi, founder Surabaya Fashion Parade.

BACA JUGA:Kain Untuk Investasi? Ini Jawaban Pemuda Berkain Surabaya

BACA JUGA:Potret Anggun Kebaya, Rayakan Keberagaman di Istana Merdeka

Dalam gelaran tahun ini, Surabaya Fashion Parade akan menampilkan sesuatu yang baru, unik dan edgy.

Mereka masih menggandeng Indonesian Fashion Chamber (IFC) dalam membuat gerakan fashion di Surabaya.

"Selama ini kalau mau unjuk gigi di bidang fashion pasti perginya ke Jakarta. Kami ingin Surabaya juga jadi jujukan," ujarnya.

Surabaya Fashion Parade juga menggaungkan kampanye sustainibility dan zero waste, yang berfokus pada proses produksi yang efektif dan ramah lingkungan.

Event itu pu akan diikuti desainer dari dalam dan luar negeri. Salah satunya adalah Thinthananpachr Chantajaroenpon dari Thailand.

BACA JUGA:Cantiknya Gaya Fashion Lisa BLACKPINK Liburan di Yunani, dari Dress Kuning Sampai Bikini Hijau

"Desainer asal Thailand itu telah berkutat di bidang fashion selama 17 tahun. Ia merupakan founder Couture House-Myriad Grand Monde. Desainnya banyak dikenakan oleh aktris papan atas. Termasuk Miss Thailand hingga Ratu Thailand," ungkapnya.

Dalam jumpa pers yang diadakan di Pakuwon Tower, Surabaya, pada 24 Agustus 2023, hadir desainer Aldrie Indrayana. Dengan karya busananya, Aldrie merepresentasikan konsep Enigmatico.

"Ya, misterius, out of the box, tapi tidak terlalu aneh banget seperti avant garde. Menarik dan tidak biasa," ungkapnya.

Salah satu busananya yang dikenakan Kornelia Ivory, memadukan kain batik dan pakaian denim.

Kain batik itu menjuntai di bagian luar, dari atas sampai bawah. Sedangkan denim yang dikenakannya full berwarna hitam.

"Meski telah modern, dalam Enigmatico desainer harus bisa menuangkan busana kearifan lokal. Batik itu, misalnya, bisa dipadukan dengan gaya modern," ungkapnya.

Karya selanjutnya, Aldrie membawa gaya '90an. Busana itu dikenakan oleh Vebby Aurelia. Berwarna hitam dengan aksen pink di bagian pinggir. Di beberapa bagian, tersemat pin mainan mobil anak-anak khas '90an.

"Dengan pin-pin ini, memori setiap orang, terutama generasi zaman itu akan teringat lagi dengan masa lalunya. Kain berwarna cerah ini dipasang di bagian pinggir. Aktualisasi dari konsep zero waste," ujarnya.

Terdapat berbagai karya busana yang dibesut oleh Aldrie pada siang itu. Sebagai gambaran tema Surabaya Fashion Parade 2023.

Tentu menarik untuk disimak gelaran itu tahun ini. Apalagi konsep Enigmatico yang menuntut para desainer menghadirkan karya yang tak biasa. (Guruh Dimas Nugraha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: