Potret Anggun Kebaya, Rayakan Keberagaman di Istana Merdeka

Potret Anggun Kebaya, Rayakan Keberagaman di Istana Merdeka

Keceriaan pada acara Istana Berkebaya, 7 Agustus 2023.-Biro Setpres RI-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Ini kali pertama halaman Istana Merdeka disulap jadi arena peragaan busana. Ratusan perempuan bergantian melintas di catwalk. Bahkan langsung di hadapan Presiden Joko Widodo dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Para peserta itu bukan sembarang perempuan. Melainkan para pejabat penting di negeri ini. Yang biasanya muncul di media massa dengan wajah serius, kini pesonanya tampak beda.

Mobilitas sehari-hari mereka jelas sulit ditandingi. Bisa pindah beberapa kota maupun negara hanya dalam sehari. Tetapi, apa jadinya bila mereka tampil tanpa ‘seragam’ kesehariannya? 

Nyatanya, lebih anggun nan mempesona. Keperkasaan para perempuan hebat itu tunduk di lantai panggung sepanjang 200 meter. Sambil mengenakan kebaya, mereka berjalan lenggak-lenggok bak seorang model profesional. 


Jajaran Menteri dan Wakil Menteri di Kabinet Indonesia Bersatu memakai kebaya.-Biro Setpres RI-

Jelas, sudah jadi pemandangan umum bila para pejabat berkebaya. Tetapi, kebaya yang mereka pakai kali ini berbeda. Yakni kebaya yang lebih berwarna-warni. Tidak dengan warna monoton seperti biasanya.

BACA JUGA:Wamenparekraf Tampil Menawan di Catwalk

BACA JUGA:Dewi Susilo Budihardjo Wakil Tionghoa di Perempuan Indonesia Berkebaya Pengawal Bendera Pusaka

Kejutan dipersembahkan oleh para srikandi di jajaran menteri. Yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, dan Anggota Wantimpres Putri Kuswisnu Wardani.

Mereka tampil sangat kompak. Mengenakan kebaya encim putih dengan motif bunga warna-warni. Dipadu dengan warna jarik yang juga warna-warni. 

“Rasanya deg-degan karena gak pernah jadi pelaku catwalk,” katanyi lantas terkekeh di halaman Istana Negara pada acara Istana Berkebaya pada Minggu, 6 Agustus 2023. Sri Mulyani pun merasa bangga. 


Presiden Jokowi membuka acara Istana Berkebaya didampingi Iriana Jokowi, 6 Agustus 2023.-Biro Setpres RI-

Sebab, katanyi, berkebaya berarti menunjukkan keragaman dan keindahan Indonesia. Juga sebagai bentuk penghargaan kebudayaan Indonesia.

Peserta berikutnya juga berombongan. Yakni dari oleh anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dan para duta besar negara sahabat. Turut tampil juga para None Jakarta, Puteri Indonesia, jurnalis wanita, anggota Komunitas Wanita Berkebaya, hingga siswi-siswi sekolah menengah kejuruan (SMK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: