Fakta-Fakta Menarik tentang Thaksin Shinawatra; Antara Kekayaan, Bisnis, dan Kontroversi

Fakta-Fakta Menarik tentang Thaksin Shinawatra; Antara Kekayaan, Bisnis, dan Kontroversi

SENYUM Thaksin Shinawatra yang didampingi anaknya, Paetongtarn Shinawatra, ketika tiba di Bangkok, Selasa, 22 Agustus 2023.-MANAN VATSYAYANA-AFP-

HARIAN DISWAY – Thaksin Shinawatra, mantan perdana menteri Thailand, pulang kampung setelah 15 tahun mengasingkan diri pada Selasa, 22 Agustus 2023. Tetapi, ia langsung dipenjara dan menjalani vonis selama 8 tahun karena korupsi. Lalu, siapakah sebenarnya Thaksin Shinawatra?
 
Thaksin diakui sebagai salah satu individu terkaya di Thailand. Tak hanya itu, Forbes bahkan memperkirakan bahwa nilai kekayaan Thaksin melebihi angka USD 2 miliar atau sekitar Rp 31 triliun. Namun, sebenarnya sekaya apa Thaksin Shinawatra? Berikut ini beberapa harta yang dimilikinya.
 
 
Mantan Bos Manchester City
Pada 2007, Thaksin Shinawatra pernah menghebohkan dunia sepak bola. Betapa tidak, ia membeli saham klub sepak bola Inggris, Manchester City. Tak tanggung-tanggung, yang dibeli sebanyak 75 persen. Langsung jadi mayoritas. Langsung jadi bos.
 
Ketika itu, Thaksin Shinawatra menggelontorkan duit senilai Rp 1,5 triliun. Tetapi, pada 2008, ia menjual seluruh saham tersebut kepada Sulaiman Al-Fahim dari Abu Dhabi.
 

Thaksin Shinawatra mendatangkan Manchester United yang ketika itu dilatih Sven-Goran Eriksson ke Bangkok pada 17 Mei 2008.-PORNCHAI KITTIWONGSAKUL-AFP-
 
Jajaran Orang Terkaya di Thailand
Media kenamaan Forbes memasukkan Thaksin Shinawatra sebagai salah satu orang terkaya di Thailand. Mantan perdana menteri itu memang punya bisnis besar di bidang investasi.
 
Secara rutin, aktivitas bisnis itu mendatangkan duit senilai USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 27 triliun. Sungguh, ia adalah miliuner yang sukses.
 
 
Mantan Pemilik Perusahaan Operator Telepon Seluler
Thaksin mendirikan perusahaan bernama Shin Corporation. Fokusnya adalah layanan operator telepon seluler. Perusahaan itu meraksasa hingga menjadi yang terbesar di Thailand. Melalui Shin Corporation, PM Thailand pada 2001-2006 itu pernah menjadi orang terkaya di negeri gajah putih tersebut.
 
Saking kaya dan berkuasanya Thaksin, Thailand pernah dipelesetkan sebagai Thaksinland.
 
Meski begitu, pada Januari 2006, ia memutuskan untuk menjual saham mayoritas perusahaan itu. Nilainya 73 miliar bath atau setara dengan Rp 32 triliun. Yang membeli Temasek Holdings, sebuah perusahaan investasi global berbasis di Singapura.
 

Thaksin Shinawatra (kanan) menjamu mantan Presiden Abdurrahman Wahid di Bangkok pada 2001.-PORNCHAI KITTIWONGSAKUL-AFP-
 
Aset Dibekukan Senilai USD 1,4 Miliar
Meski sukses dalam bisnis, Thaksin pernah diguncang kontroversi korupsi. Pemerintah Thailand memutuskan untuk membekukan asetnya senilai USD 1,4 miliar Juni 2007. Itu adalah langkah hukum untuk menghadapi dugaan korupsi Thaksin.
 
Pada saat itu, Thaksin dikeluarkan dari daftar miliuner Thailand. Sebab, pada tahun sebelumnya, pemerintah membekukan harta Thaksin setelah pemerintahannya dikudeta militer.
 

THAKSIN SHINAWATRA diwawancarai oleh Agence France-Presse di Hongkong, 25 Maret 2019.-Isaac Lawrence-AFP-
 
Aset-Aset Terselubung
Sejumlah media mengungkapkan bahwa Thaksin sejatinya punya banyak aset terselubung. Faktanya, Ia tetap bisa hidup nyaman saat mengasingkan diri ke luar negeri.
 
Aset itu bisa diatasnamakan Thaksin sendiri. Bisa juga orang lain. Sebab, ia pernah terjerat kasus pemalsuan identitas saat masih menjadi pemegang saham di Shin Corporation. (Aprilia Larasati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: