XL Axiata Operasikan Jaringan USO dan Non 3T di Pelosok Nusa Tenggara Timur

XL Axiata Operasikan Jaringan USO dan Non 3T di Pelosok Nusa Tenggara Timur

Tak hanya jaringan USO, XL Axiata juga mendukung program pemerintah dalam upaya pemerataan layanan data melalui program jaringan Non 3T. -Retno Wulan-

HARIAN DISWAY - Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di pelosok-pelosok Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sebelumnya tidak terjangkau jaringan akses telekomunikasi dan data, sejak 2018, XL Axiata juga mengoperasikan jaringan USO.
 
Titik-titik jaringan USO yang dikelola oleh XL Axiata tersebut berlokasi di Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Alor, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Lembata, Kabupaten Ende, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Malaka.
 
“Pelayanan itu bisa kami penuhi atas kerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika sebanyak 32 Site BTS 4G,” terang Regional Group Head East Region XL Axiata Dodik Ariyanto.
 
Tak hanya jaringan USO, XL Axiata juga mendukung program pemerintah dalam upaya pemerataan layanan data melalui program jaringan Non 3T. Hingga kini, XL Axiata juga telah mengoperasikan jaringan Non 3T sebanyak 42 BTS di NTT, yang berada di Kabupaten Sikka, Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Ngada.
 
BACA JUGA: Jaringan 4G XL Axiata Tersedia di Pulau Terpencil NTT, Alor, Masyarakat Pun Lebih Produktif
 
Saat ini, fiberisasi di NTT telah mencapai 33 persen dari total BTS 4G yang ada. Khusus BTS di ibu kota Provinsi NTT, Kota Kupang, fiberisasi sudah mencapai 100 persen. Dari total pelanggan XL Axiata di NTT, 90 persen di antaranya merupakan pelanggan yang aktif menggunakan data XL Axiata.
 
XL Axiata sudah hadir di NTT sejak tahun 2017, dan hingga saat ini jaringan 4G telah hadir di 22 kota/kabupaten dengan dukungan total lebih dari 850 BTS 4G dari total 1.700 BTS. 
 
Sejauh ini, kota/kabupaten yang sudah terlayani jaringan 4G tersebut adalah Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Kota Kupang, Kupang, Lembata, Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur.
 
“Juga di Nagekeo Ngada, Rote Ndao, Sikka, Sumba Barat, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Sabu Raijua, Sumba Barat Daya, Malaka, dan Sumba Tengah,“ Retno Wulan selaku Group Head Corporate Communications XL Axiata. (Retno Wulan) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: