Giliran Ibunda Mario Yang Jadi Sorotan KPK

Giliran Ibunda Mario Yang  Jadi Sorotan KPK

Rafael Alun Trisambodo-Disway.id/Anisha Aprilia-

Mario Dandy Satrio, 20, terdakwa penganiaya David Ozora, pernah menangis di persidangan. Mengatakan sedih, mengetahui ayahnya, Rafael Alun, dibui jadi tersangka korupsi. Kini ibunda Mario, Ernie Meike Torondek, bakal jadi tersangka korupsi.

TERUNGKAP di persidangan perdana Rafael Alun Trisambodo di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023. Disebutkan dalam dakwaan jaksa, Rafael menerima gratifikasi suap perpajakan Rp 16,6 miliar bersama istrinya, Ernie.

Menanggapi itu, Ketua KPK Firli Bahuri kepada wartawan mengatakan, pihak KPK terus memonitor fakta-fakta persidangan dengan terdakwa Rafael. Pada sidang dakwaan jaksa, secara jelas disebutkan bahwa Rafael menerima gratifikasi bersama Ernie. Juga dalam TPPU (tindak pidana pencucian uang).

BACA JUGA:Sidang Pleidoi Mario Dandy Berharap Belas Kasih Hakim dan Minta Maaf

BACA JUGA:Mario Bakal Menua di Penjara

Firli: ”Setiap informasi harus kita tindak lanjuti dan dalami. Pertama, tentu kita lakukan penyelidikan untuk menemukan, apakah telah terjadi suatu peristiwa tindak pidana korupsi? Kalau betul, kita lakukan penyidikan (terhadap Ernie).” 

Dilanjut: ”Di penyidikan inilah nanti kita menemukan, mengumpulkan keterangan para saksi dan bukti-bukti. Sehingga bisa membuat terang suatu perkara. Apakah betul seseorang itu bisa dimintai pertanggungjawaban pidana?”

Dalam sidang terdakwa Rafael, disebutkan dalam dakwaan jaksa, Ernie ikut menerima gratifikasi yang diduga suap terkait perpajakan.

BACA JUGA:Kasus Mario dan AG: Dulu Teman, Kini Dilepas

BACA JUGA:Perkara Mario Sudah Diminta Kejaksaan

Penerimaan gratifikasi melalui PT Artha Mega Ekadhana (ARME), PT Cubes Consulting, PT Cahaya Kalbar, dan PT Krisna Bali International Cargo. Beberapa perusahaan itu milik Rafael yang juga melibatkan orang lain sebagai pengelola.

Ernie Meike Torondek merupakan komisaris dan pemegang saham PT ARME, PT Cubes Consulting, dan PT Bukit Hijau Asri. Dari beberapa perusahaan itulah saluran gratifikasi diduga suap.

Adik Rafael, Gangsar Sulaksono, juga menjadi pemegang saham di PT Cubes Consulting. Jadi, Rafael, istri, serta adiknya pemilik perusahaan tersebut. 

Diperinci jaksa, PT Artha Mega Ekadhana didirikan pada 2002 dengan posisi Komisaris Utama Ernie Meike Torondek. Bisnisnya menjalankan usaha di bidang jasa, kecuali urusan hukum dan pajak (karena Rafael pejabat di Ditjen Pajak). Tetapi, dalam operasionalnya malah memberikan layanan konsultasi pajak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: