Persiapan KTT Ke-43 ASEAN Sudah 99 Persen. Total 22 Negara Akan Hadir

Persiapan KTT Ke-43 ASEAN Sudah 99 Persen. Total 22 Negara Akan Hadir

Persiapan KTT ASEAN ke-43: Presiden Jokowi meninjau venue utama KTT ASEAN ke 43 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jumat 1 Agustus 2023-Setpres-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke 43 di JAKARTA sudah mencapai 99 persen. 

Presiden RI Joko Widodo menyatakan Indonesia telah siap untuk menggelar pertemuan antar kepala negara di Asia Tenggara tersebut. 

Hal tersebut ia sampaikan di sela-sela kunjungan ke 3 venue utama KTT. Meliputi  Jakarta Convention Center (JCC), Hutan Kota GBK, dan Rumah Kaca Plataran.

BACA JUGA:Tekan Polusi, Delegasi KTT ASEAN Akan Naik MRT dan Kendaraan Listrik

Jokowi memantau langsung persiapan akhir, sekaligus mencoba jamuan makan bagi tamu VVIP.

“Persiapan sudah mencapai 99 persen, sudah siap,” kata Presiden Jokowi di Media Center KTT ke-43 ASEAN di JCC Jakarta, Jumat, 1 Agutus 2023. 

Sebelumnya, Rehabilitasi Jakarta Convention Center (JCC), Hutan Kota GBK, Rumah Kaca Plataran telah dirampungkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pengerjaan rehabilitasi JCC tersebut terdiri dari empat zona, yakni Zona 1 (lower ground) meliputi pekerjaan arsitektur Kasuari Lounge, Merak Room, Nuri Room, Maleo Room, Kenari Room, Kakatua Room, Lower Lobby Pre Function, Summit Room, Summit Lounge, walkway ke Hotel Sultan, musala, dan toilet.

BACA JUGA:KTT ASEAN ke 43 Di Tengah Amukan Polusi Jakarta: Pemerintah Siapkan Beberapa Strategi

Zona 2 (ground floor) terdiri dari pekerjaan arsitektur Assembly Hall, Main Lobby, Cendrawasih Hall dan Koridor, Pre Function Hall A, serta VIP Room dan toilet (Cendrawasih). Zona 3 (ground) terdiri dari penanganan Plenary Hall dan koridor serta president area.

Terakhir, Zona 4 (ground) berupa pemasangan kanopi, penataan drop off, taman depan, taman samping, toilet, dan musala outdoor. 

Kemudian untuk kawasan Hutan Kota GBK dan Rumah Kaca Plataran yang jaraknya berdekatan, Kementerian PUPR melakukan peningkatan konektivitas melalui pekerjaan preservasi jalan di dalam kawasan Gelora Bung Karno sepanjang 4,67 km. 

Rumput yang terletak di sepanjang hutan dilakukan penyiraman secara rutin menjelang KTT demi menjaga rumput yang berada di sekitar kawasan Hutan Kota GBK dan Rumah Kaca Plataran tetap tumbuh hijau.

BACA JUGA:ASEAN Paling Strategis di Mata Uni Eropa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: