Khofifah dan Pangdivif 2 Kostrad Malang Tanam Pohon di Lahan TNI: Bisa Jadi Contoh Pemanfaatan Lahan Tidur

Khofifah dan Pangdivif 2 Kostrad Malang Tanam Pohon di Lahan TNI: Bisa Jadi Contoh Pemanfaatan Lahan Tidur

Khofifah (kiri) saat memanen hasil perkebunan, Senin, 4 September 2023.-Humas Pemprov Jatim-

MALANG, HARIAN DISWAY - Pemerintah provinsi (Pemprov) Jatim  memperingati hari Lingkungan Hidup Se-dunia pada Senin pagi, 4 September 2023 dengan aksi menanam pohon.  

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi oleh Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Malang Mayor Jenderal TNI Haryanto menanam 10 ribu pohon.

Penanaman itu dilakukan di lahan produktif yang belum difungsikan di kawasan Markas Komando Divisi Infanteri (Mako Divif) 2 Kostrad Malang.

Adapun bibit yang ditanam adalah alpukat aligator. Serta memanen tanaman hortikultura, seperti: sawi pakcoy, selada merah, selada hijau atau lettuce.

Khofifah mengatakan, upaya pemanfaatan lahan tidur yang ada di kawasan Mako Divif 2 Kostrad adalah referensi penerapan ketahanan pangan yang bisa dilakukan di mana saja.

BACA JUGA: Khofifah Salurkan Air Bersih ke Desa-Desa Terdampak Kekeringan di Jatim

“Ini adalah salah satu contoh penerapan ketahanan pangan secara makro oleh Pangdivif 2 Kostrad. Inilah referensi bagi kita. Ketahanan pangan ini bisa dilakukan oleh siapa saja, di mana saja dan dalam bentuk apa saja,” katanya.

Saat ini para Petani sayuran di Poncokusumo, Malang sudah menjangkau pasar ekspor. Dalam dua kali seminggu, sayuran dari daerah itu dikirim ke Malaysia dan Singapura.

Sehingga, dirinya optimis sayuran di daerah itu bisa mendukung pengembangan ekspor.

BACA JUGA: Khofifah Bawa Tujuh Investor ke Jatim

Kegiatan pemanfaatan lahan seperti yang dilakukan oleh Pangdivif 2 Kostrad bisa dilakukan di lahan-lahan tidur. Khofifah menyebut masih banyak lahan tidur di Jatim. Ada milik lembaga, Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), BUMN, BUMD, TNI dan Polri. Serta elemen strategis lainnya.

“Kita tanami lahan yang masih bisa ditanami. Kita jadikan sinergi ini sebagai support untuk pengentasan krisis pangan. Terima kasih seluruh support baik dari bupati, walikota, Private Sector, TNI-Polri, dan BUMN/BUMD untuk lingkungan kita,” pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: