Api Porprov VIII Singgah di Grahadi, Ali Affandi: Partisipannya Melebihi PON

Api Porprov VIII Singgah di Grahadi, Ali Affandi: Partisipannya Melebihi PON

Khofifah saat menyalakan Kalderon dari obor Porprov VIII Jatim 2023, Kamis, 7 September 2023-Ahmad Rijaluddin Erlangga-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Obor Porprov VIII Jawa Timur 2023 tiba di halaman Gedung Negara Grahadi, Kamis 7 September 2023 malam. Hanya semalam api itu ada di sana. Besok pagi, 8 September 2023, api tersebut akan dibawa ke Pendopo Kabupaten Sidoarjo.

Penyambutan obor tersebut sangat meriah. Panggung megah terpasang di halaman Gedung Negara Grahadi. Penampilan tarian daerah menjadi pembuka penyambutan kedatangan obor tersebut.

Ratusan pasang mata sudah berada di halaman tersebut sejak pukul 19.00. Sekitar pukul 21.00 rombongan obor Porprov VIII Jatim 2023 datang. 

Ketua Umum KONI Jatim M Nabil berada di barisan terdepan membawa obor itu. Setelah itu, di atas panggung diberikan kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Apinya pun langsung dinyalakan ke Kalderon.

Khofifah menceritakan, sebelum sampai di Grahadi, obor tersebut melalui 45 kecamatan. Mulai dari Candi Pari, ke Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kota Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo dan Gedung Negara Grahadi.

"Ini menandakan semangat kita dalam keadaan apapun adalah semangat 45. Semangat patriot. Semangat perjuangan. Itu mudah-mudahan mengantarkan suksesnya Porprov ke-VIII ini," kata Khofifah.

BACA JUGA:Wawali Pasuruan Berikan Semangat kepada Atlet Porprov agar Masuk 10 Besar

Pembukaan Porprov ini akan dilakukan, Sabtu, 9 September 2023 di GOR Delta Sidoarjo. Khofifah pun mengajak masyarakat Jatim untuk memeriahkan pembukaan itu. Itu juga untuk membangun semangat gotong-royong dan sportivitas.

"Kami menyampaikan terima kasih atas kebersamaan kita semua. Harapan kita semangat logo dan maskot Porprov serta menjadi semangat untuk menunjukkan sportivitas dan ketangguhan kita semua," paparnya.

BACA JUGA:KONI Jatim Menjerit, Minta Gubernur Cairkan Anggaran Porprov

Sementara itu Ketua Porprov VIII M. Ali Affandi La Nyalla Mattalitti menambahkan, pada Porprov kali ini ada 54 cabang olahraga (Cabor). Sebanyak 22 cabor di Sidoarjo, 10 di Kota Mojokerto, 10 di Kabupaten Mojokerto dan 12 cabor di Kabupaten Jombang.

"Total atlet, pelatih dan official 17.300. Bisa dibilang, ini Porprov yang lebih besar dari PON. Alhamdulillah, berkat dukungan semuanya: pemprov Jatim, pemerintah daerah dan Koni, kita bisa menyelenggarakannya,” terangnya.

Menurutnya, prestasi di Porprov ini akan terlihat dalam pekan olahraga nasional (PON) 2028 di NTT dan NTB. “Usia atlet pada Porprov ini rata-rata 23 tahun. Sehingga, prestasi mereka baru terasa saat event akbar nanti,” ungkapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: