Duh PHP! Jonatan Christie Tunduk pada Viktor Axelsen, Indonesia Tanpa Gelar di China Open 2023

Duh PHP! Jonatan Christie Tunduk pada Viktor Axelsen, Indonesia Tanpa Gelar di China Open 2023

PHP lagi, Jonatan Christie Takluk pada Viktor Axelsen pada semifinal China Open 2023.-PP PBSI-

HARIAN DISWAY – Indonesia dipastikan pulang tanpa gelar dari China Open 2023. Itu setelah satu-satunya wakil kita di semifinal, Jonatan Christie, juga kandas di tangan Viktor Axelsen.

Dalam 48 menit, Jonatan Christie kalah dua game langsung, 17-21, 14-21 kepada pemain nomor satu dunia tersebut.

Padahal, penampilan Jonatan Christie sangat menjanjikan di game pertama. Ia mampu mengimbangi permainan Axelsen. Skor mereka ketat. Bola-bolanya juga sangat menyulitkan pemain asal Denmark tersebut.


PHP lagi, Jonatan Christie Takluk pada Viktor Axelsen pada semifinal China Open 2023.-PP PBSI-

BACA JUGA: Mengecewakan! Fajar/Rian Tersingkir di Babak Pertama China Open, Akui Ada Masalah Nonteknis

Namun, pada game kedua, Jonatan begitu mudah dikalahkan. Ia gagal membendung serangan Axelsen yang begitu agresif. Juga tidak mampu mengembangkan permainan sendiri. Dalam waktu singkat, ia sempat tertinggal 5-14.

Jonatan mengakui, ia salah strategi di game pertama.
 
’’Pertama, kita berdua ingin cari kondisi yang tidak enak dulu. Dan tadi di coin tost, Viktor menang.  Ia pilih sisi lapangan yang tidak enak,’’ ungkap Jonatan, dalam pernyataan pers yang dikirim PP PBSI.

BACA JUGA: Kandas di Babak Pertama China Open 2023 oleh Wang Chang/Liang Weikeng, Leo/Daniel Tak Punya Penjelasan

’’Sayangnya, dan salahnya saya di game pertama, tidak seharusnya banyak salah sendiri. Ia dapat poin mudah karena saya kurang sabar,’’ lanjut pemain 25 tahun itu. ’’Harusnya bisa dimanfaatkan untuk ambil satu game dulu,’’ sesalnya.

Pada game kedua, lanjut Jonatan Christie, Viktor Axelsen lebih mampu memanfaatkan kondisi lapangan yang kalah angin. Kreativitas dan variasi serangannya sukses membuat Jonatan ragu-ragu dalam bertindak.


PHP lagi, Jonatan Christie Takluk pada Viktor Axelsen pada semifinal China Open 2023.-PP PBSI-

’’Ia membuat saya maju-mundur,’’ kata Jonatan. ’’Saya sudah berusaha semaksimal mungkin sampai mulai dapat polanya. Tapi ketinggalan poin saya sudah terlalu jauh,’’ lanjut peraih emas Asian Games 2018 tersebut.

BACA JUGA: Kejutan! Praveen/Melati Kalahkan Unggulan Ketujuh di China Open 2023, Ini Motivasi Mereka

Ia benar-benar menyesali permainannya yang banyak membuat kesalahan sendiri. Saat melawan pemain berlevel seperti Axelsen, satu kesalahan kecil saja bisa ia eksploitasi menjadi sumber angka yang tak ada habisnya.

’’Kalau lawan Viktor, satu poin itu berharga banget,’’ ujarnya. ’’Pembelajaran penting lagi buat saya untuk diperbaiki kalau ketemu lagi,’’ imbuh Jonatan. Hasil ini juga menandai kekalahan enam kali beruntun Jonatan dari Axelsen. 

Meski kalah, secara keseluruhan, Jonatan Christie merasa puas dengan penampilannya di China Open 2023. Ia tampil jauh lebih baik daripada di Japan Open. Saat itu, ia juga dikalahkan Axelsen dalam straight games. Tapi angkanya lebih jelek. Yakni 7-21, 18-21.

BACA JUGA: Bukan Cedera Lutut, Ini Penyebab Gregoria Mariska Tunjung Kalah di Babak Pertama China Open 2023

’’Tidak ada tekanan sih sebagai satu-satunya wakil Indonesia di semifinal. Dan saya tidak mau terlalu memikirkan. Yang penting berjuang sekuat tenaga,’’ pungkasnya.

Setelah China Open, rombongan Indonesia langsung bertolak ke Hongkong. Mereka mengikuti Hongkong Open 2023 yang merupakan turnamen berkategori Super 500.

Di babak pertama Hongkong Open, Jonatan sudah ditunggu wakil tuan rumah, pemain senior Ng Ka Long Angus. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pp pbsi