Kandas di Babak Pertama China Open 2023 oleh Wang Chang/Liang Weikeng, Leo/Daniel Tak Punya Penjelasan

Kandas di Babak Pertama China Open 2023 oleh Wang Chang/Liang Weikeng, Leo/Daniel Tak Punya Penjelasan

KANDAS di babak pertama China Open 2023 oleh Wang Chang/Liang Weikeng, Leo/Daniel tak punya penjelasan.-PP PBSI-

HARIAN DISWAYLeo Rolly Carnando/Daniel Marthin tidak banyak memiliki penjelasan atas kekalahan mereka di babak pertama China Open 2023.

Dalam laga yang digelar di Xincheng Gymnasium, 5 September 2023, juara dunia junior 2018 itu kalah telak 15-21, 18-21 di tangan Wang Chang/Liang Weikeng dalam waktu 36 menit.

Wang/Liang memang sedang on fire saat ini. Pasangan peringkat 3 dunia itu baru saja merebut medali perunggu Kejuaraan Dunia 2023 yang digeber di Denmark, pekan lalu. Tahun ini, penampilan mereka begitu mengerikan.

BACA JUGA: Kejutan! Praveen/Melati Kalahkan Unggulan Ketujuh di China Open 2023, Ini Motivasi Mereka

Namun, itu tidak cukup jadi alasan untuk kekalahan Leo/Daniel. Sebab, dalam pertandingan babak pertama, level Leo/Daniel seperti jauh di bawah pasangan nomor satu Tiongkok tersebut. Kekalahan mereka terlampau mudah.


KANDAS di babak pertama China Open 2023 oleh Wang Chang/Liang Weikeng, Leo/Daniel tak punya penjelasan.-PP PBSI-

’’Di game pertama dan kedua, kami sempat unggul-unggul tapi kami tidak bisa memaksimalkan itu. Malah terkejar lagi oleh lawan,’’ jelas Leo, merangkum apa yang terjadi dalam pertandingan.

’’Di level seperti ini, kami harus bisa bermain lebih safe. Tadi kami malah terlalu mudah mati. Melawan mereka, tidak bisa satu dua kali pukulan langsung poin,’’ jelas pemain 22 tahun tersebut.

BACA JUGA: Bukan Cedera Lutut, Ini Penyebab Gregoria Mariska Tunjung Kalah di Babak Pertama China Open 2023

Memang benar penjelasan Leo. Pada awal setiap game, Leo/Daniel hampir selalu memimpin. Meskipun tipis. Alih-alih mempertahankan keunggulan, mereka malah mudah mati oleh serangan lawan.

Jelas sekali mereka tidak punya antisipasi atas kecepatan permainan Wang Chang yang sangat cepat di depan net. Sebagian besar poin yang diperoleh pasangan Tiongkok pasti diawali dengan inisiatif serangan. Bukan karena kesalahan Leo/Daniel.

Ketika pertahanan mereka sangat sulit ditembus, alih-alih sabar, Leo/Daniel malah terkesan grusa-grusu. Mereka tidak bisa menebak arah pukulan lawan. Refleks kalah cepat. Pukulan spekulasi serta pengamatan mereka banyak yang meleset.


KANDAS di babak pertama China Open 2023 oleh Wang Chang/Liang Weikeng, Leo/Daniel tak punya penjelasan.-PP PBSI-

Alhasil, mereka selalu tersalip di poin-poin akhir. Bahkan di game kedua, mereka sempat unggul 18-16. Namun, selisih itu pun tersia-siakan.

BACA JUGA: Duh, Sempat Bikin Senam Jantung, Leo/Daniel Lolos ke 16 Besar Kejuaraan Dunia 2023

’’Kami banyak sekali melakukan kesalahan-kesalahan sendiri, kami harus perbaiki itu semua,’’ ungkapnya.

Leo/Daniel harus segera bangkit jika tidak ingin tertinggal dalam persaingan ganda putra dunia yang begitu cepatnya. Dalam tiga turnamen terakhir, mereka selalu gagal melangkah lebih jauh dari babak kedua.

Ya, setelah lolos ke perempat final Indonesia Open 2023, performa Leo/Daniel menurun. Mereka tumbang di babak pertama Korea Open dan Japan Open 2023. Kemudian menyerah di babak kedua oleh rekan senegaranya, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.

BACA JUGA: Leo/Daniel dan Pramudya/Yeremia Perebutkan Tiket Perempat Final Australian Open 2023

Hari ini, ganda putra Indonesia masih menyisakan Fajar Alfian/M. Rian Ardianto. Saat ini, mereka sedang menghadapi pasangan Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Sedangkan tiga pasangan lain yang lawannya berat-berat akan bertanding besok.

Pramudya/Yeremia akan menghadapi Ayaka Endo/Yuta Takei. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhadapan dengan juara dunia Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Adapun Bagas Maulana/M. Shohibul Fikri melawan pasangan nomor dua dunia Satkiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pp pbsi