Ribuan Warga Tumplek Bleg di Tunjungan Demi Refleksi Perobekan Bendera Persembahan Roode Brug dan Surabaya Juang

Ribuan Warga Tumplek Bleg di Tunjungan Demi Refleksi Perobekan Bendera Persembahan Roode Brug dan Surabaya Juang

ANTUSIASME warga yang memanti perhelatan drama kolosal perobekan bendera di depan Hotel Majapahit Minggu, 17 September 2023.-Mohamad Khotib Nur-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Jalan Tunjungan sudah ditutup. Ribuan warga memadati trotoar di sepanjang jalan. Berpusat di area Hotel Majapahit.

Mereka menantikan refleksi peringatan perobekan bendera Belanda. Grup paduan suara pun tampil menghibur. Menyanyikan sejumlah lagu-lagu nasional.

Hingga pukul 15.00 WIB, matahari masih terik. Namun, itu tak menyurutkan semangat warga. Terutama untuk menyaksikan drama kolosal perobekan bendera yang dipersembahkan Roode Brug Soerabaia dan Surabaya Juang.

Garapan bersama dua sutradara yang kompak yakni Satrio Sudarso dari Roode Brug Soerabaia dan seniman Jawa Timur Heri Lentho dari Surabaya Juang.

BACA JUGA: Ayo Nonton Drama Perobekan Bendera di Hotel Majapahit! Jangan Lupa Pakai Dress Code Ini...

BACA JUGA: Teatrikal Perobekan Bendera Satukan Komunitas-Komunitas Seni di Surabaya

Pertunjukan perobekan bendara pada tahun ini ada yang beda dari perhelatan tahun sebelumnya. Pertama, tak lagi digelar pagi hari. Tetapi mulai pukul 15.00.

Kedua, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi akan memerankan dua tokoh pahlawan nasional. Yaitu Presiden Pertama RI Ir Soekarno dan Residen Soedirman alias Jenderal Soedirman. 

Ketiga, rutenya juga berubah. Sebelumnya, drama perobekan bendera berlangsung di sepanjang Jalan Tunjungan hingga ke area Hotel Majapahit. 


WARGA antusias menyaksikan drama kolosal perobekan bendera Belanda Minggu, 17 September 2023. -Khotib Nur Muhammad-Harian Disway-

Jadi, tak sampai ke depan Gedung Siola. Sedangkan kali ini akan berpusat di depan Hotel Majapahit. 

"Insya Allah tahun depan kita perpanjang lagi ceritanya sehingga waktunya makin banyak," jelas Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Herry Purwadi. 

Pada kesempatan ini, Heri Lentho mengusung tema Merdeka Merah Putih. Drama juga melibatkan teman-teman komunitas seni, pegiat sejarah, siswa-siswi, mahasiswa, veteran, dan masyarakat umum. 

Ia mengajak seluruh masyarakat di Kota Pahlawan untuk hadir menyaksikan pertunjukan Refleksi Perobekan Bendera 2023 di depan Hotel Majapahit. Tujuannya, atmosfer peristiwa perobekan bendera kian terasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: