Curi Listrik untuk Nambang Kripto di Depok, Jawa Barat

Curi Listrik untuk Nambang Kripto di Depok, Jawa Barat

Iustrasi mencuri listrik untuk menambang kripto. -Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Pencurian daya listrik untuk penambangan kripto marak di Depok dan Bogor, Jabar. Terbaru, pemilik ruko di Cimanggis, Depok, ditangkap polisi. Selama ini pencurian daya listrik kurang ditangani PLN. Maksimal didenda Rp 12 juta. Kali ini melibatkan polisi.

MESKI dinamakan penambangan, menambang kripto tidak butuh alat berat seperti penambangan batu bara atau kandungan bumi lainnya. Penambangan kripto atau bitcoin menggunakan komputer canggih yang membutuhkan daya listrik besar.

Karena kebutuhan daya listrik besar, pelaku mencuri listrik. Caranya, pelaku menyambungkan kabel jaringan tegangan rendah (JTR) langsung ke lokasi pencurian listrik. 

Kabel JTR adalah kabel besar hitam yang membentang di pinggir jalan ditopang tiang-tiang PLN. Kabel yang sangat semrawut itu. Dari kabel JTR disambungkan dengan kabel sambungan rumah (SR) yang bentuknya lebih kecil. Kabel SR dihubungkan ke rumah-rumah konsumen PLN. 

BACA JUGA:Museum Nasional Terbakar, Diduga karena Korsleting Listrik

BACA JUGA:Video Viral! Truk Bermuatan Sepeda Listrik Ludes Terbakar di Brebes

Tiba di rumah, kabel SR dihubungkan ke kotak meteran listrik yang disegel PLN. Dari kotak meteran listrik itulah terpantau angka penggunaan daya listrik konsumen.

Pencuri listrik, selain menggunakan kotak meteran listrik seperti umumnya konsumen, juga menyambungkan sendiri secara ilegal dari kabel JTR menuju ke rumah. Daya listrik yang disedot dari kabel JTR tanpa hitungan meteran lagi.

Pencurian daya listrik untuk tambang kripto sudah terjadi di Tapos dan Cimanggis, Depok. Terbaru di Cimanggis.

Kasatreskrim Polres Metro Depok Kompol Hadi Kristanto dalam keterangan pers, Senin, 18 September 2023, mengatakan, pengungkapan pencurian listrik itu berawal dari PLN menerima keluhan warga kerap mengalami pemadam listrik mendadak. Lantas, petugas PLN ULP Cimanggis memeriksa ke lokasi.

BACA JUGA:Zulkifli Hasan Soal Penghentian Izin Kripto: Banyak yang Marah ke Saya

BACA JUGA:Pembunuhan Mahasiswa UI dan Pohon Uang (1): Semua Berawal dari Gambling Kripto

Kompol Hadi: ”Selanjutnya, pihak PLN ULP Cimanggis didampingi anggota Polsek Cimanggis melakukan investigasi ke daerah tersebut. Hasil investigasi, memang terjadi pencurian listrik. Oleh pemilik ruko yang menambang kripto.”

Cara petugas PLN mengungkap pencurian listrik ialah membuka gardu listrik PLN. Dari situ tampak jika ada yang mencuri daya listrik. Kemudian, ditelusuri, akhirnya diketahui bahwa listrik curian masuk ke sebuah ruko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: