Suwek Gendero Londo!

Suwek Gendero Londo!

Suasana heroik saat 1.300 peserta teatrikal mengibarkan bendera Merah Putih di depan Hotel Majapahit.- Boy Slamet-Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Ya. Suwek gendero Londo! Kalimat itu membahana. Meluncur dari Wali Kota Eri Cahyadi. Artinya: Robek bendera Belanda!

Nuansa heroik pun membahana ketika Eri melontarkan seruan itu di depan Hotel Majapahit. Yang 78 tahun silam, pada 19 September 1945, menjadi saksi sejarah. Saat arek-arek Suroboyo dengan berani—bondho nekat—memanjat gedung yang dulu sempat bernama Hotel Oranje dan Hotel Yamato tersebut.

Mereka merobek warna biru pada bendera Belanda hingga menyisakan dua warna: merah dan putih. Sang Dwi Warna.

Itulah penggalan drama musikal bertajuk Merdeka Merah Putih yang dipentaskan di Jalan Tunjungan, Minggu, 17 September 2023.

BACA JUGA : Ribuan Warga Tumplek Bleg di Tunjungan Demi Refleksi Perobekan Bendera Persembahan Roode Brug dan Surabaya Juang

Atmosfer patriotisme pun membahana. Terlebih saat ribuan penonton ikut berdiri, menghormat kepada Sang Saka Merah Putih, sembari menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sungguh, sebuah aksi heroik yang layak dikenang saban tahun. Menjadi ciri khas Surabaya sebagai kota pahlawan… (Chyntia Putri/Salsa Amalia/Salsa Amalika)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: