Pemenang Anugerah Patriot Jawi Wetan: Inovasi Brilian Desa Purwosono Atasi Pencurian Sapi

Pemenang Anugerah Patriot Jawi Wetan: Inovasi Brilian Desa Purwosono Atasi Pencurian Sapi

Kompak dan Inovatif: 3 pilar Desa Purwosono meraih Juara 2 dalam Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023. Penghargaan diberikan langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto-Boy Slamet/Harian Disway-

HARIAN DISWAY - Program Garasi Ternak (Gaster) desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang di mata para juri bagaikan program sapu jagad. 

Sapu jagad dalam artian, dalam satu program tersebut sudah mengandung banyak hal yang menjadi key performance yang dicari dalam penjurian Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023

Garasi Ternak adalah inovasi perangkat desa dan 3 pilar Purwosono menghadapi para maling sapi yang tidak henti menyatroni desa mereka di malam hari. 

Kepala Desa Purwosono Hendrik Dwi Martono menyebut, dalam 6 bulan bisa 38 ekor ternak yang raib dilarikan para maling. 

BACA JUGA:Pemenang Anugerah Patriot Jawi Wetan: Perjuangan 3 Pilar Batuporo Barat Yang Luluhkan Para Juri

Mereka lantas mencetuskan ide kandang ternak terpusat yang diberi nama Garasi Ternak alias Gaster. Setelah Gaster berdiri, kasus pencurian sapi pun menguap dengan sendirinya. 

Ada banyak indikator penilaian yang diselesaikan oleh Gaster. Dari sisi sinergitas, Gaster mewujudkan bagaimana Kepala Desa menciptakan konsep keamanan, dikawal oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas. 

“Dan jangan lupa, Lumajang itu memang daerah yang sejak dulu memang rawan pencurian sapi. Ini sangat inovatif,” tegas Juri Anugerah Patriot Jawi Wetan Drs. Gitadi Tegas Supramudyo, M.Si.

Gaster yang dikawal oleh masyarakat dengan dampingan dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas mencerminkan Inovasi Pembinaan Teritorial dan Kamtibmas sekaligus. Itu sudah 2 kriteria penilaian yang terpenuhi. 

Kemudian dari sisi pelayanan publik, sudah mampu memberikan solusi terhadap penderitaan warga yang kerap kehilangan aset berharganya, yakni Rojokoyo berbentuk sapi. 

BACA JUGA:Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023: Pademawu Barat dan Jrebeng Kidul Bersaing di Edukasi

Dari sisi sinergitas antar lembaga dan partisipasi masyarakat sangat tergambar jelas bagaimana warga bahu membahu bergantian menjaga ternak-ternak. Bahkan sampai ke ibu-ibu. Sampai ada satgas penjaga ternak. 

Dari sisi ekonomi, keberadaan Gaster yang segera tersiar ke penjuru Lumajang membuat calon pembeli sapi datang langsung ke lokasi untuk mengecek ternak-ternak tersebut. 

Belum lagi inovasi mereka yang mengubah Kali Sejuk, yang sebelumnya adalah jalur pelarian maling sapi menjadi destinasi wisata. Salah satu yang sedang hits di Lumajang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: