Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo Unggul di Jatim dengan Nilai 39,33 Persen

Survei ARCI: Elektabilitas Prabowo Unggul di Jatim dengan Nilai 39,33 Persen

Bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto yang ternyata jumlah pemilihnya di Jatim masih tinggi dibandingkan dengan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. -Intan Afrida Rafni-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) membeberkan hasil survei yang mereka lakukan. Hasilnya sangat mengejutkan. Elektabilitas Prabowo Subianto tetap unggul dari bakal calon presiden lainnya. Bahkan angkanya terus naik.

Malah di survei itu, pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMin) yang sudah terlebih dahulu deklarasi pada awal September 2023 lalu, elektabilitasnya masih paling bawah. Di atasnya baru Ganjar Pranowo. Di puncak ada Prabowo.

Direktur ARCI Baihaqi Siradj mengatakan bahwa kehadiran PKB dalam koalisi perubahan ini belum sanggup untuk menaikkan elektabilitas Anies. Ada partisipan PKB yang malah memilih Prabowo pasca-deklarasi. Alhasil elektabilitas Prabowo dalam simulasi tiga nama justru semakin menguat.

BACA JUGA: Ini Dia Enam Pinjol dengan Bunga Rendah, Buruan Instal

“Pada Juli 2023 lalu, saat PKB dan Cak Imin mendukung Prabowo angkanya 33,7 persen. Pasca-deklarasi AMin elektabilitas Prabowo naik menjadi 39,33 persen. Kondisi ini membuat Prabowo menjadi bacapres dengan elektabilitas tertinggi di Jatim,” katanya, Kamis, 21 September 2023.

Dalam survei ARCI di Jatim periode September dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Prabowo di angka 39,33 persen. Kemudian Ganjar di angka 35,5 persen, dan Anies 21,08 persen. Responden yang belum menentukan pilihan di angka 4,08 persen.

Menurutnya beberapa hal yang menjadi faktor kenaikan angka elektabilitas Prabowo di Jatim. Salah satunya responden yang mengaku partisipan PKB, malah mantap memilih PKB.

BACA JUGA: Jalan Tol Akses IKN Rampung 2024, Perjalanan ke Kawasan Inti Hanya 30 Menit

“Dalam peta pemilih PKB, 40,2 persen mantap memilih Prabowo. Sebanyak 18,4 persen memilih Ganjar dan 25,7 persen ke Anies. Sisanya 15,7 persen pemilih PKB masih belum menentukan pilihan,” ungkapnya.

Selain faktor kemantapan pemilih PKB ke Prabowo, Baihaqi menyebut pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 mengalihkan dukungan ke Prabowo. "Jadi kepergian PKB dan Muhaimin tidak berdampak signifikan pada Prabowo. Justru elektabilitas Prabowo semakin menguat di Jatim," tegasnya.

Survei ARCI dilakukan pada 5-15 September 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim.

Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: