Profil Jalan Tol Batang-Semarang: Magnet Pengembangan Kawasan Industri di Jawa Tengah

Profil Jalan Tol Batang-Semarang: Magnet Pengembangan Kawasan Industri di Jawa Tengah

Gerbang Tol Gringsing yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Semarang-Batang -Jasa Marga-

HARIAN DISWAY -  Jalan Tol Batang-Semarang merupakan satu dari rangkaian tak terpisahkan dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa. 

Jalan Tol sepanjang 75 kilometer ini dikelola oleh PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) dan menjadi penghubung berbagai daerah penting di sepanjang Trans Jawa khususnya Jawa Tengah. 

Jalan Tol Batang-Semarang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan 3 wilayah besar di Provinsi Jawa Tengah: yakni Kota Semarang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Batang 

BACA JUGA:Profil Jalan Tol Surabaya-Gempol: Akses Utama Penghubung Surabaya dan Daerah Penyangga

Di sisi timur, jalan tol ini terkoneksi langsung dengan ruas Jalan Tol Semarang Seksi A,B dan C. Sementara di sisi Timur, terhubung langsung dengan ruas Jalan Tol Pemalang-Batang.

Direktur Utama PT JSB Nasrullah mengungkapkan, Jalan Tol Batang-Semarang diharapkan menjadi jalan tol yang mampu menjadi magnet dalam pengembangan kawasan industri dan mengundang para investor untuk menanamkan modal di sentral Jawa.

“Kehadiran jalan tol ini mampu memangkas waktu tempuh perjalanan dari Kabupaten Batang menuju Kota Semarang dan sebaliknya menjadi 1 jam lebih cepat dibandingkan melalui akses jalan non-tol,” papar Nasrullah Kamis, 21 September 2023. 

BACA JUGA:Profil Jalan Tol Tol Solo-Ngawi: Permudah Akses Menuju Kawasan Industri di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Selain itu, Jalan Tol Batang-Semarang juga turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Jawa Tengah dengan menciptakan lapangan kerja dan peluang bisnis baru.

Kemudian memberikan dukungan terhadap pertumbuhan sektor pariwisata di daerah yang dilalui jalan tol, serta mengurangi potensi kemacetan pada Jalan Nasional sehingga memperlancar arus mobilitas logistik.

“Kehadiran jalan tol ini tentunya juga berpotensi memberikan dampak positif bagi pengguna jalan, masyarakat pada umumnya, serta Pemerintah (pusat/daerah) melalui penyediaan konektivitas antar wilayah,” jelas Nasrullah.  

Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional, PT JSB telah menyelesaikan Pembangunan Simpang Susun Kawasan Industri Batang yang merupakan akses penghubung antara Jalan Tol Batang-Semarang dengan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). 

BACA JUGA:Profil Jalan Tol Gempol Pasuruan: Dukung Akses Daerah Industri dan Pariwisata Jawa Timur

Nantinya, keberadaan KITB ini dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan infrastruktur,  mendukung sektor industri di wilayah tersebut serta  mampu menumbuhkan bangkitan lalu lintas kendaraan di Jalan Tol Batang-Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: