Bandara VVIP IKN Mulai Dibangun November, Bisa Didarati B777 Sampai A380

Bandara VVIP IKN Mulai Dibangun November, Bisa Didarati B777 Sampai A380

Menhub Budi Karya Sumadi meninjau papan informasi pembangunan Bandara VVIP IKN Jumat, 22 September 2023-Kemenhub-

PENAJAM PASER UTARA, HARIAN DISWAY - Pembangunan Bandara Very Very Important Person (VVIP) untuk Ibukota Negara (IKN) Nusantara akan dimulai pada November 2023 mendatang. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Jumat, 22 September 2023. 

Menhub mengatakan lokasi pembangunan bandara VVIP di IKN telah ditetapkan dan memasuki finalisasi gambar dan akan memulai proses tender. 

"Kita rencanakan 1 November 2023 sudah mulai konstruksi dan diharapkan selesai pertengahan Juli 2024," ujar Menhub.

BACA JUGA:Jelang Pemilu, Sambung Roso Kapolda Jatim dan Mahasiswa

Pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan itu menjelaskan, Bandara VVIP IKN akan memiliki panjang memiliki runway 3 kilometer dengan lebar 45 meter dan mampu didarati pesawat berbadan besar jenis Boeing 777-300ER dan Airbus A380.

Sementara kapasitas apron bandara ini akan mampu menampung 3 pesawat berbadan besar (Wide Body) ditambah 1 pesawat berbadan kecil (Narrow Body)

Dalam skenario lain, apron bisa mengakomodasi 7 pesawat berbadan kecil (Narrow Body). Apron juga dilengkapi kapasitas helipad yang bisa menampung 3 (tiga) helikopter.

Budi menjelaskan, Presiden Jokowi menitipkan beberapa catatan dalam pembangunan bandara ini. 

BACA JUGA:Forkopimda Malang Gelar Doa Bersama Peringati Tragedi Kanjuruhan

Diantaranya adalah memadukan unsur kearifan lokal dan modern, serta harus ramah lingkungan. “Dalam membangun bandara, kita tidak perlu melakukan cut and fill sehingga gunung, danau, dan alam sekitar masih terjaga dengan baik,” ujarnya.

Menhub menegaskan, IKN adalah kota masa depan yang akan menjadi contoh kota-kota lain di Indonesia. 

Oleh karenanya, aksesibilitas dan konektivitas antar titik harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. “Bandara terletak sekitar 15 Km dari pusat IKN dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit,” tuturnya.

Terminal Bandara VVIP IKN dibangun diatas lahan seluas 7000 meter persegi. Unsur kearifan lokal yang ditonjolkan dalam desain terminal bandara diantaranya nuansa Rumah Panjang, Burung Rangkok, dan lukisan garis lengkung khas Kalimantan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: